Pemkot Gelar Pelatihan Kerja, Dewan Kota: Sesuaikan dengan Kebutuhan Investor

oleh : -
Pemkot Gelar Pelatihan Kerja, Dewan Kota: Sesuaikan dengan Kebutuhan Investor
William Wirakusuma/Foto: Roy

Jatimupdate.id - Pemkot Surabaya akan menggelar pelatihan untuk mencetak pekerja profesional, karena banyaknya permintaan beberapa perusahaan yang domisili di Kota Surabaya.

William Wirakusuma Anggota Fraksi PSI merespon positif akan hal itu. Sebab, perusahaan yang ingin Investasi di Kota Pahlawan butuh tenaga matang dan siap pakai.

"Di Surabaya, beberapa SMK masih belum siap. Karena itu, perlu dilatih lagi, agar perusahaan begitu dapat tenaga kerja bener-bener siap pakai." ujar William kepada Media ini.

William mengatakan, investasi di Kota Surabaya setelah pandemi mulai naik. Sehingga investor membutuhkan tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan, dengan sertifikasinya siap pakai.

"Karena itu, BLK atau dinas tenaga kerja menyesuaikan pelatihan yang diperlukan investor yang akan masuk Surabaya." ucap William

Karenanya, bila pelatihan yang digelar Pemkot sukses, William meyakini investor banyak yang melirik melakukan investasi di Kota Surabaya.

"Jadi investor melihat, ternyata di Kota Surabaya ternyata enggak susah cari tenaga kerja. Karena sudah disiapkan pemerintah kota." beber William

Sehingga, tambah William, investor nantinya berkolaborasi dengan dinas tenaga kerja menyiapkan tenaga kerja sesuai dengan skill yang dibutuhkan. 

"Pemerintah kota juga bisa sampaikan ke badan anggaran (Banggar) DPRD, perlu ada perubahan anggaran untuk pengadaan pelatihan ini? Untuk menurunkan tingkat pengangguran terbuka di Kota Surabaya." demikian papar William.