Bersama UNESA, PKK Lumajang adakan Pelatihan Bisnis Online Untuk Tingkatkan Kemampuan Kader Dalam Mendampingi UKM

oleh : -
Bersama UNESA, PKK Lumajang adakan Pelatihan Bisnis Online Untuk Tingkatkan Kemampuan Kader Dalam Mendampingi UKM
Kegiatan Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Surabaya (UNESA) bersama PKK Kabupaten Lumajang menggelar Pelatihan Digital : Keamanan Siber Berbelanja dan Bertransaksi Online di Gedung Panti PKK Lumajang, Senin (29/8/2022). Dihadiri oleh Ketua TP PKK K

Lumajang (Jatimupdate.id) -Kegiatan Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Surabaya (UNESA) bersama PKK Kabupaten Lumajang menggelar Pelatihan Digital : Keamanan Siber Berbelanja dan Bertransaksi Online.

Kegiatan ini dilatarbelakangi realitas bahwa dunia digital yang terus berkembang harus terus diadaptasi oleh pelaku bisnis dan ekonomi, tak terkecuali UKM. Untuk meningkatkan omset baik melalui belanja dan transaksi online. Juga kreativitas kreativitas baru yang banyak tersaji di dunia digital yang bisa diakses oleh UKM, untuk memvariasikan produk produknya.

PKK harus mengambil peran dalam hal itu untuk bisa menggeliatkan dan membangkitkan UKM di wilayahnya masing-masiing.


Kegiatan ini dilaksanakan bertempat di Gedung Panti PKK Lumajang, Senin (29/8/2022). Dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang Musfarinah Thoriq (Ning Farin).

Ning Farin mengatakan, bahwa sejak berlangsungnya pandemi COVID-19, PKK telah menginisiasi di seluruh Kecamatan, untuk mengajak dan memberikan dukungan kembali kepada UKM yang berada di wilayah kecamatan masing-masing.

Ia menambahkan, bahwa pada pertengahan 2022, pihaknya juga telah berkolaborasi dengan beberapa tempat pariwisata yang ada di berbagai kecamatan, untuk bersama-sama menyelaraskan antara Pojok PKK dengan pariwisata."Jadi hari ini ada beberapa Pojok PKK yang sudah ada di beberapa tempat wisata, misalnya di Tumpak Sewu, kemudian beberapa waktu lalu juga sudah kami buka dibeberapa tempat, termasuk di Kali sejuk. Apalagi ditambah pelatihan digital ini tentu diharapkan akan semakin bisa meningkatkan kemampuan PKK dalam mendampingi UKM" katanya.

Sementara itu, Koordinator Tim Dosen Pendamping, Ketua Jurusan Ilmu Ekonomi UNESA, Sri Abidah Suryaningsih menjelaskan, bahwa adapun beberapa tema yang nantinya akan dilaksanakan, beberapa diantaranya pelatihan bisnis digital, keamanan siber, berbelanja dan bertransaksi online, pelatihan pengelolaan keuangan berbasis syariah, penemuan salah satu pemanfaatan hasil produk pertanian di Kabupaten Lumajang, serta beberapa tema lainnya.

"Ini adalah bentuk dari pengabdian kami bapak ibu dosen, karena kami tidak hanya dibidang pendidikan maupun penelitian, kami juga bersama-sama dengan masyarakat, ingin sering, berbagi teori dan ilmu," pungkasnya. (RA)