Mahasiswa KKN PSDKU UB Kediri Membuat Inovasi Aquaponik Sederhana Pada Lahan Budidaya Ikan Nila

oleh : -
Mahasiswa KKN PSDKU UB Kediri Membuat Inovasi Aquaponik Sederhana Pada Lahan Budidaya Ikan Nila
Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) PSDKU UB Kediri dari Fakultas Pertanian (FP) dan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK)

Kediri (Jatimupdate.id) -Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) PSDKU UB Kediri dari Fakultas Pertanian (FP) dan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) ini memberi sebuah inovasi baru untuk warga desa ngablak. Hasil kolaborasi kegiatan dari kedua fakultas ini berupa sistem aquaponik pada lahan budidaya ikan yang berlokasi di Desa Ngablak, Kec. Banyakan, Kab. Kediri .

Sistem yang dibuat mahasiswa Universitas Brawijaya ini dapat dibilang sistem yang mudah untuk ditiru, sistem yang dibuat ini mengarah pada sistem Nutrient film tecnique (NFT). Konsep dasar sistem NFT adalah suatu metode budidaya tanaman dengan akar tanaman yang tumbuh di dangkal dan bersirkulasi lapisan hara, sehingga tanaman dapat memperoleh cukup air, unsur hara dan oksigen. Sistem ini dipilih karena dianggap mudah untuk kontruksi pembuatannya serta diharapkan pembudidaya dapat mempelajari konsep yang ada.

Muhammad Suryadi Sebagai pembudidaya serta pemilik lahan menyambut dengan baik, dan mengatakan bahwa sangat merasa senang dan bersemangat karena mendapat ilmu baru. Menurutnya aquaponik ini sangat cocok untuk dikembangkan diharapkan bisa memberi tambahan pendapatan selain dari budidaya ikan nila yang sudah ada.(yah)