Ganjar Lontarkan Gagasan Desa Kembar Saat Kedatangan FKKD Kabupaten Dompu

oleh : -
Ganjar Lontarkan Gagasan Desa Kembar Saat Kedatangan FKKD Kabupaten Dompu
Ganjar Pranowo

Semarang (Jatimupdate.id) - Gagasan Desa Kembar terlontar saat Gubernur Provinsi Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjumpai kehadiran Forum Komunikasi Kepala Desa (FKKD) se Kabupaten Dompu Provinsi NTB, di rumah dinas Gubernur Provinsi Jawa Tengah, pada Kamis (01/09/2022) malam.

"Ini tadi kita kedatangan tamu, beberapa kepala Desa Se Kabupaten Dompu, didampingi Kepala Dispemades Dompu, kami saling sharing, ini bagus untuk saling belajar," kata Ganjar.

Kedatangan para Kepala Desa dari Kabupaten Dompu itu, kata Ganjar untuk melakukan studi banding di Desa Ponggok Kabupaten Klaten.

"Mereka ingin belajar tentang pemerintahan desa dan pengembangan potensi di desa Ponggok," katanya.

Seperti diketahui, Desa Ponggok merukapan desa terkaya di Indonesia, yang memiliki Pendapatan Asli Desa (PADes) dari semula hanya 80 juta per tahun, kini sudah mencapai 4,9 Milyar.

BUMDee Ponggok, yang mengelola sektor Pariwisata saja bisa mencapai Rp 14 milyar per tahun.

"Ini sesuatu yang bagus, gak usah muluk - muluk, kita buat saja desa kembar, yang bisa saling belajar satu sama lainnya," kata orang nomer satu di Provinsi Jawa Tengah itu.

Menurut Ganjar, desa kembar bisa membuat segala sesuatunya terkait dengan profil desa itu sama, sehingga bisa saling mendorong satu sama lain.

"Sederhana saja, kita lakukan yang paling bisa dilakukan," ujarnya.
.
Prinsip membangun desa, kata Ganjar adalah kemandirian dan semangat kebersamaan.

"Di Kabupaten Klaten ada sebuah desa yang tumbuh dengan semangat kemandirian," kata Ganjar.

Desa Ponggok Kabupaten Klaten, kata Ganjar, awalnya berkembang dengan bermodal pinjaman dari Bank, disamping anggaran yang diperoleh dari urunan warganya.

"Semangat gotong royong itu yang mesti kita tumbuhkan bersama," ujarnya. (MR)