Ikatan Apoteker Indonesia Berikan Bantuan Alat Kesehatan Untuk Daerah Relokasi Korban Erupsi Semeru

oleh : -
Ikatan Apoteker Indonesia Berikan Bantuan Alat Kesehatan Untuk Daerah Relokasi Korban Erupsi Semeru
Ketua Pengurus IAI Provinsi Jawa Timur, Dr. Abdul Rahem menyerahkan secara simbolis bantuan alat kesehatan kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang, Agus Triyono, bertempat di Ruang Mahameru Kantor Bupati Lumajang, Kamis (8/9/2022).

Lumajang (Jatimupdate.id) -Pengurus Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Provinsi Jawa Timur memberikan bantuan berupa alat kesehat penunjang fasilitas pelayanan kesehatan yang akan digunakan di Puskesmas Pembantu kawasan relokasi Bumi Semeru Damai (BSD) Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang, Agus Triyono, bertempat di Ruang Mahameru Kantor Bupati Lumajang, Kamis (8/9/2022). Seperti dikutip dalam laman kominfo Lumajang.

Agus Triyono menyatakan, rasa terima kasihnya kepada seluruh anggota IAI Jawa Timur, dan apoteker yang juga telah membantu Pemerintah Kabupaten Lumajang dalam penanganan bencana erupsi Gunung Semeru yang terjadi 4 Desember 2021 lalu.

"Sejak terjadinya Erupsi Semeru temen-temen dari IAI JawaTimur telah banyak membantu kami, dan terus berlanjut sampai hari ini termasuk penyerahan bantuan alat kesehatan ini," katanya.

Sementara itu, Ketua Pengurus IAI Provinsi Jawa Timur, Dr. Abdul Rahem mengatakan, bahwa IAI sudah memiliki bidang yang bertugas menangani bencana. Dalam beberapa peristiwa bencana, pihaknya juga mengirimkan Apoteker Tanggap Bencana yang bertugas membantu ketersediaan obat-obatan.

"Kami mengirimkan relawan untuk obat-obatan. Ini kita ada sumbangan dari apoteker se jatim dan beberapa apoteker dari beberapa daerah, kami rupakan logistik dan juga barang kebutuhan pustu yang ada," katanya. Ia menambahkan salah satu bentuk kepedulian terhadap korban erupsi Gunung Semeru juga dituangkan dalam pemberian bantuan logisitik, seperti halnya bantuan untuk fasilitas kesehatan.

“Kami berharap bantuan yang diberikan memberikan manfaat utamanya kepada masyarakat yang berada di kawasan relokasi,” ujarnya. (RA)