Festival Pendalungan Meriahkan HUT ke 663 Kota Probolinggo

oleh : -
Festival Pendalungan Meriahkan HUT ke 663 Kota Probolinggo
Malam Festival Pendalungan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 663 Kota Probolinggo di Stadion Bayuangga, menampilkan berbagai macam seni dan budaya.

Probolinggo (Jatimupdate.id) -Malam Festival Pendalungan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 663 Kota Probolinggo di Stadion Bayuangga, menampilkan berbagai macam seni dan budaya.

Acara yang dimulai dari Jumat (2/9/22), berlangsung semarak dan meriah. Semua kelompok seni dan budaya yang berada di wilayah kota Probolinggo diberi kesempatan untuk tampil.  Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin terlihat hadir kembali pada Selasa (6/9/22) malam untuk melihat kemeriahan suasana festival.

Bapak empat orang anak itu juga terlihat sangat menikmati kesenian Pendalungan yang disajikan para pengisi acara. “Alhamdulillah pelaksanaan di hari ke lima malam ini luar biasa. Antusias masyarakat terlihat begitu besar, Stadion (Bayuangga) penuh dengan lautan manusia. Ini menunjukkan tak hanya sukses acaranya, tapi juga kunci keberhasilan Pemkot dalam mewujudkan kekompakkan dan kebersamaan,” katanya.

Sementara itu sampai hari Kamis (8/9/22) malam pengunjung yang datang ke lokasi setiap harinya tercatat lebih dari 5 ribu orang. “Alhamdulillah sampai sejauh ini seluruh agenda kegiatan dalam rangkaian HUT ke 633 semua berjalan lancar dan sangat meriah. Sambutan dan antusias warga juga di luar ekspektasi, begitu luar biasa,” ujar Budiono Wirawan Ketua Panitia Festival Pandalungan yang juga menjabat sebagai Asisten Umum Pemkot Probolinggo.

Berbagai seni yang tampil dalam Festival Pendalungan ini diantaranya show membatik, tampilan seni Tari Glipang, Tari Sik Resik, seni Hadrah, seni Pantomim sepak takraw, seni Patrol, Hadrah Rozak Al-Anwar, Tari Wonderland, pentas seni budaya Arab (fashion Arab), tampilan Olahraga Dance Sport dan seni Akustik serta band. Juga ada tampilan seni music perkusi dari Jabung Sagere Percusion dan Cokrobudoyo Percusion.

Juga telah tampil seni Barongsai yang mewakili penampil budaya dari etnis Tionghoa

Kegiatan yang mengusung tema “Membangun Bersama Rakyat Untuk Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat Mewujudkan Kota Probolinggo Hebat dan Handal” itu sendiri, akan berlangsung hingga Minggu (11/9) mendatang, dengan menyajikan tampilan berbeda setiap harinya. Juga dengan penampil dari berbagai macam etnis yang ada dengan menyajikan seni dan budayanya masing masing. (RA)