Jelang Tahapan Mutarlih, Ketua KPU Jatim: Perlu Kerja Optimal Untuk Data Pemilih Semakin Mutakhir

oleh : -
Jelang Tahapan Mutarlih, Ketua KPU Jatim: Perlu Kerja Optimal Untuk Data Pemilih Semakin Mutakhir
Rapat Koordinasi (Rakor) Tindak Lanjut Hasil Pemadanan DPB dengan Data Kependudukan KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota se Jawa Timur pada Senin, 12 September 2022.

Surabaya (Jatimupdate.id) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten/Kota telah melakukan sinkronisasi atau pemadanan Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) dengan Data Kependudukan yang telah diturunkan oleh KPU Republik Indonesia beberapa waktu yang lalu. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya mewujudkan data pemilih semakin mutakhir.

Atas dasar itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur Choirul Anam mengungkapkan perlu bagi KPU Kabupaten/Kota untuk mengoptimalkan kerjanya. Mengingat data pemilih nantinya akan diberikan kepada Peserta Pemilu.

Hal tersebut diungkapkan Anam pada saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Tindak Lanjut Hasil Pemadanan DPB dengan Data Kependudukan KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota se Jawa Timur pada Senin, 12 September 2022.

Anam menekankan, khususnya bagi kabupaten/kota yang memiliki jumlah data pemilih besar diharapkan dapat bekerja dengan cepat dan akurat.

“Bahwa data pemilih berkelanjutan ini akan kita sampaikan ke publik. Harapannya, data pemilih kita dapat terkoneksi dengan Dispendukcapil dan seluruh Stakeholders,” ujarnya.

Selain itu, mantan anggota KPU Kota Surabaya ini juga mengingatkan kabupaten/kota agar dapat menjaga manajemen kerja dan waktu. Menurutnya hal tersebut penting, mengingat saat ini tahapan dan kegiatan sudah mulai berjalan secara simultan.

“Tim Rendatin (Perencanaan, Data, dan Informasi) kabupaten/kota se Jawa Timur tidak hanya mengurusi data pemilih, tapi juga tanggung jawab terhadap perencanaan. Diharapkan Tim Rendatin juga fokus pada perencanaan dan teknologi informasi,” terang Anam.

Menutup sambutannya, Anam berharap Tim Rendatin juga dapat bersinergi di internal masing-masing satuan kerjanya. Saling peduli dan saling memahami tugas antar divisi agar tahapan pemilu dapat berjalan dengan baik tanpa kendala.

Sebagai informasi, rakor diselenggarakan oleh KPU Jawa Timur di Hotel Vasa Surabaya. Dengan dihadiri oleh 38 KPU Kabupaten/Kota se Jawa Timur yang terdiri dari oleh Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi, Kasubbag Perencanaan dan data, Operator Sistem Informasi Data Pemilih (Data Pemilih). Perwakilan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jatim, dan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Kependudukan (DP3AK) Jatim.

Turut hadir selain Ketua dari KPU Jatim, Anggota Gogot Cahyo Baskoro, Miftahur Rozaq, Insan Qoriawan, Nurul Amalia, dan Rochani. Mereka juga bergantian memberikan arahan. Hadir pula Plh. Sekretaris, Rizki Indah Susanti, Kabag Perencanaan, Data, dan Informasi Nurita Paramita, Kasubbag Data dan Informasi, Agus Purwanto, Kasubbag Perencanaan Ratna Rosanti, dan jajaran Staf terkait.(yah)

peserta Rapat Koordinasi (Rakor) Tindak Lanjut Hasil Pemadanan DPB dengan Data Kependudukan KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota se Jawa Timur pada Senin, 12 September 2022.peserta Rapat Koordinasi (Rakor) Tindak Lanjut Hasil Pemadanan DPB dengan Data Kependudukan KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota se Jawa Timur pada Senin, 12 September 2022.