Penyuluhan Budidaya Ikan Sistem Keramba Jaring Apung (KJA) dan Digital Marketing Untuk Petani Ikan

oleh : -
Penyuluhan Budidaya Ikan Sistem Keramba Jaring Apung (KJA) dan Digital Marketing Untuk Petani Ikan
Penyuluhan Budidaya Ikan Sistem Keramba Jaring Apung (KJA) dan Digital Marketing Untuk Pembudidaya Ikan di Ranu Klakah Kabupaten Lumajang.

Lumajang (JatimUpdate.id) -Penyuluhan Budidaya Ikan Sistem Keramba Jaring Apung (KJA) dan Digital Marketing Untuk Pembudidaya Ikan di Ranu Klakah Kabupaten Lumajang, dilaksanakan oleh Tim Doktor Mengabdi (DM) Universitas Brawijaya Malang yang di ketuai oleh Dr. Yuni Kilawati, S.Pi., M.Si dengan anggota Dr. Yunita Maimunah, S.Pi., M.Sc; Adharul Muttaqin, S.T., M.T.; Shofwan, SE., M.Si; dan Attabik Mukhammad Amrillah, S.Pi., M.Si.

Dalam kegiatan pengabdian masyarakat yang di gelar diakhir bulan Mei tersebut Dr. Yuni Kilawati S.Pi., M.Si memberikan materi tentang cara pencegahan kematian ikan dalam budidaya ikan sistem Karamba Jaring Apung, tips menjaga Kesehatan ikan di lingkungan perairan yang baik dan terkendalinya penularan penyakit ikan.

Kebanyakan pembudidaya ikan di ranu klakah yang hadir sebagai peserta belum faham tentang pentingnya monitoring kualitas lingkungan. “Melalui Penyuluhan ini, kami harapkan pembudidaya ikan mampu memantau kualitas lingkungan perairan dari warna dan bau di waktu yang tepat sehingga kesehatan ikan tetap terjaga. “ Jelas Dr. Yuni Kilawati S.Pi., M.Si.

Di sesi berikutnya, peserta penyuluhan mendapatkan Edukasi tentang cara budidaya ikan yang baik disampaikan oleh Dr. Yunita Maimunah, S.Pi., M.Si. Peserta di ajarkan bagaimana membuat perencanaan budidaya dimulai dari persiapan sarana prasana, pelaksanaan budidaya meliputi kondisi kualitas air yang baik untuk budidaya ikan Nila di KJA manajemen pakan, pengendalian hama dan penyakit serta Teknik pemanenan.

Dijelaskan bahwa kualitas air dapat mengalami penurunan akibat pemberian pakan berlebih. Karena Pakan sisa akan merusak kualitas air ranu klakah. Kerusakan Kualitas air ranu klakah dapat menyebabkan kematian pada ikan yang dipelihara di KJA.

Di akhir kegiatan, peserta mendapatkan tambahan ilmu tentang digitalisasi marketing produk hasil perikanan. “kami berharap rekayasa rekayasa social ini dapat membantu menyelesaikan sebagian dari permasalahan yang dihadapi oleh pembudidaya KJA di Ranu Klakah.” Pungkas Dr. Yuni Kilawati S.Pi., M.Si.

Doktor mengabdi merupakan salah satu program yang diadakan oleh Universitas Brawijaya Malang untuk membantu kebutuhan atau mengatasi permasalahan yang ada ditengah masyarakat.(yah)