Ngeluh di e-Peken, Bro Alfian Dorang Pemkot Sediakan Alat Bantu Pemasaran Produk UMKM

oleh : -
Ngeluh di e-Peken, Bro Alfian Dorang Pemkot Sediakan Alat Bantu Pemasaran Produk UMKM
Alfian Limardi saat reses di Serengganan Lebar

Jatimupdate.id - E- Peken salah satu alat bantu memasarkan produk UMKM, Anggota Komisi B Alfian Limardi mengimbau, dinas terkait melakukan pembinaan, sosialisasi dan memperbanyak alat bantu promosi seperti di markeplace.

"Saya pikir harus ada sosialisasi," tegas Alfian, usai menerima keluhan pelaku UMKM yang produknya jarang laku di e-Peken, saat reses di Serengganan Lebar, kemarin.

Ia memaparkan, agar produk laku di pasaran, perlu banyak tenaga pemasaran. Karenanya, ia mendorong pelaku UMKM, tidak hanya promosi di e-Peken. Namun, disemua marketplace. Dengan tampilan foto menarik, diskripsi detail produk, serta respon cepat.

"Pelru respon dengan baik, jangan seadanya," tegas legislator PSI ini.

Alfian menilai, sosialisasi dinas terkait dinilai masih kurang. Sebab, pemikiran pelaku UMKM, produknya sudah masuk e-Peken akan laris. Padahal pemasaran perlu promosi, disertai kemasan menarik. Minimal di lingkungan sekitar.

"Teknik pemasaran itu yang harus dilakukan (sosialisasikan)," urainya.

Alfian juga mendorong, pemasaran perlu melibatkan karang taruna setempat. Dengan menjual secara online. Namun bukan hanya e-Peken. Menyasar pasar online lain, sepeti go-food, grab food dan lainnya. Sedangkan pelaku UMKM fokus produksi serta jualan langsung.

"Harus memaksimalkan kerjasama dengan dunia online," demikian imbau Alfian. (roy)