Pemprov Bersama 9 Kabupaten/Kota di Jawa Timur Masuk TOP 45 Inovasi Layanan Publik

oleh : -
Pemprov Bersama 9 Kabupaten/Kota di Jawa Timur Masuk TOP 45 Inovasi Layanan Publik
Penghargaan Top Inovasi Pelayanan Publik diserahkan langsung oleh MenPAN- RB Abdullah Azwar Anas dan diterima langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama perwakilan dari 9 kabupaten/kota yang hadir di Hotel Bidakara, Jalan Gatot Su

Jakarta, JatimUPdate.id, - Rangkaian Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tahun 2022 yang digelar oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah usai. Hal ini ditandai dengan telah diumumkannya Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji Tahun 2022.

Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji tersebut terdiri dari Top 45 Inovasi dari kelompok umum dan 5 pemenang Outstanding Achievement of Public Service Innovation dari kelompok khusus. Penetapan Top Inovasi ini tertuang dalam Keputusan Menteri PANRB No. 289/2022 tentang Top Inovasi Pelayanan Publik KIPP di Lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMD, dan BUMD Tahun 2022.

Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa meminta kepada Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji untuk terbuka agar inovasi tersebut dapat direplikasi secara luas. Hal ini dikarenakan bahwa isu pelayanan publik bersifat umum dan berlaku sama di banyak wilayah dan instansi lain.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh MenPAN- RB Abdullah Azwar Anas dan diterima langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa  bersama perwakilan dari 9 kabupaten/kota yang hadir di Hotel Bidakara, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (6/12) pagi.

Daftar Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji Tahun 2022 dari Jawa Timur

Klaster Provinsi

  1. Pemerintah Provinsi Jawa Timur – Eko-Tren (Pengembangan Ekonomi Masyarakat Berbasis Pesantren)

Klaster Kabupaten

  1. Pemerintah Kab. Banyuwangi – Homestay Naik Kelas
  2. Pemerintah Kab. Pasuruan – Kapiten Pasuruan Getas Juara (Kopi Asli Kabupaten Pasuruan Penggerak Ekonomi Petani Kopi Pasuruan Menuju Cita Rasa Internasional)
  3. Pemerintah Kab. Probolinggo – Bumi Kraksaan (Budidaya Udang Vanamei Kolam Bundar menggunakan RAS di Media Air Laut Buatan)
  4. Pemerintah Kab. Sidoarjo – Sipraja (Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo)
  5. Pemerintah Kab. Trenggalek – Smart Gerdana (Integrasi Sistem Pemanfaatan Sekam dan Tongkol Jagung Sebagai Upaya Mewujudkan Pertanian Sehat Berkelanjutan)

Klaster Kota 

  1. Pemerintah Kota Batu – SIP Banget (Sistem Informasi Pariwisata Pengembangan Ekonomi Kreatif)
  2. Pemerintah Kota Madiun – Profit M-Tech (Program Wifi Gratis untuk Madiun Genggam Teknologi)
  3. Pemerintah Kota Surabaya – Roti 7 Lapis (Response Time 7 Menit Layanan Pemadam Kebakaran Di Surabaya)

Pemenang Outstanding Achievement of Public Service Innovation

  1. Pemerintah Kab. Lumajang – Gebrakan Susi Pasti (Suami Siaga Pencegahan dan Penanggulangan Stunting Terintegrasi)

(yah)