Rekor MURI Pemukulan 30.515 Kentongan Serentak Di Awal Tahun Baru 2023

Editor : -
Rekor MURI Pemukulan 30.515 Kentongan Serentak Di Awal Tahun Baru 2023
ilustrasi pemukulan kentongan

Surabaya, JatimUPdate.id,- Rekor MURI Pemukulan 30.515 Kentongan Serentak Di Awal Tahun Baru 2023. Malam tahun baru di Provinsi Jawa Timur sekaligus menjadi sejarah karena dua rekor sekaligus berhasil dicatatkan. Atas rekor tersebut, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menerima piagam penghargaan dari MURI (Museum Rekor Dunia - Indonesia).

Rekor tersebut ialah memukul kentongan secara serentak di lokasi terbanyak. Jumlah kentongan sebanyak 30.515 buah itu secara bersamaan dipukul dan ditayangkan secara hybrid dari Grahadi, hingga desa dan kelurahan se-Jatim. Kegiatan tersebut dicatat MURI sebagai Pemukulan Kentongan secara Serentak di Lokasi Terbanyak di dunia.

Penghargaan Rekor Dunia MURI dan Rekor Indonesia MURI tersebut diserahkan oleh Customer Relation Manager Museum Rekor Dunia Indonesia, Lutfi Syah Pradana kepada Gubernur Khofifah dalam rangkaian Upacara Apel Patroli Sigap Jaga Lindungi Masyarakat Jawa Timur di malam tahun baru 2023 (SIJALINMAJATARU) di Halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya, Sabtu (31/12) malam jelang pergantian tahun 2023.

Pemukulan kentongan diawali oleh Gubernur Khofifah yang diikuti Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dihadiri sebanyak 150 orang secara langsung dan yang mengikuti secara virtual sebanyak 2.097 desa dan 263 Kelurahan se Jawa Timur.

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Jatim Muhamad Hadi Wawan Guntoro menambahkan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka revitalisasi kegiatan patroli lingkungan untuk memelihara keamanan, ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat di wilayah desa dan kelurahan yang penuh rasa kebersamaan kekeluargaan dan gotong royong dalam menyambut malam pergantian Tahun 2022 ke tahun 2023 dengan semangat Optimis Jatim Bangkit.

"Tujuannya mewujudkan Jawa Timur yang aman, tentram dan kondusif utamanya di malam pergantian tahun baru. Kedua untuk membudayakan kembali patroli lingkungan sebagai bentuk partisipasi masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan," jelasnya. (yah)