Bunda Olahraga Jawa Timur Resmikan Puslatda Menuju PON Aceh-Sumatera Utara Tahun 2024

oleh : -
Bunda Olahraga Jawa Timur Resmikan Puslatda Menuju PON Aceh-Sumatera Utara Tahun 2024
Apel peresmian Pusat Pelatihan Daerah (Puslatda) Jatim 100-V KONI Provinsi Jatim Tahun 2023 di halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (6/1) sore.

Surabaya, JatimUPdate.id,- Menjelang PON XXI Tahun 2024 di Aceh-Sumatra Utara. Bunda Olahraga Jawa Timur, Gubernur Khofifah Resmikan Puslatda Menuju PON Aceh-Sumatera Utara Tahun 2024, di halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (6/1/2023) sore.

"Para atlet yang masuk Puslatda merupakan putra-putri terbaik Jatim yang dibina, dilatih serta dipersiapkan sebaik mungkin demi mengemban tugas mulia mencapai prestasi olahraga berkelas dunia," ungkap Gubernur Khofifah dihadapan 550 atlet, 200 pelatih dan 17 mekanik peserta Apel Puslatda Jatim 100-V.

Khofifah mengharapkan, seluruh proses pembinaan ini bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya oleh KONI Jatim beserta tim Puslatda Jatim. Sehingga, bisa mengantarkan Jatim menjadi Juara pada ajang PON ke XXI maupun kejuaraan nasional (Kejurnas) lainnya.

"Mudah-mudahan selama Puslatda semua atlet sehat hingga mengikuti Kejurnas Pra PON sampai PON XXI tahun 2024 mendatang. Tentu kita berharap dari Jatim untuk Indonesia dan bisa mencapai prestasi dunia," terangnya.

Khofifah menjelaskan, Puslatda ini akan diikuti sebanyak 751 orang yang terdiri dari pelatih 200 orang dan 17 atlet dengan 54 cabor. Puslatda ini, sekaligus untuk mempersiapkan atlet Jatim terbaik yang akan berlaga pada PON XXI tahun 2024 mendatang di Aceh-Sumatra Utara. Adapun cabor yang akan dipertandingkan ialah sebanyak 65 Cabor. Akan ada beberapa cabor baru yang akan dimasukkan di Puslatda seperti barongsai yang akan diperlombakan pada PON XXI mendatang.

Lebih lanjut disampaikan Khofifah, Puslatda ini dimaksukan untuk persiapan PON XXI tahun 2024 di Aceh dan Sumatra Utara. Oleh karenanya, para atlet harus dipersiapkan secara sistemik dan programatik sehingga prestasi yang akan diraih bisa tercapai dan terukur dengan baik sejak dini.

Kontingen Jawa Timur harus puas berada di peringkat tiga dalam gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang berakhir pada Jumat (15/10/2021).  Berdasarkan klasemen akhir perolehan medali, Jatim menduduki peringkat ketiga di bawah DKI Jakarta dan Jawa Barat di urutan pertama dengan perolehan 133 medali emas. Sementara DKI Jakarta dan Jatim sama-sama meraup 110 medali emas, namun yang membedakan adalah medali perak DKI Jakarta lebih banyak yakni 91, sedangkan Jatim sebanyak 89. (Yah)