Tertunda Karena Perpanjangan Pendaftaran, Tes Tulis Calon PPS Pemilu 2024 Di Jatim Berjalan Lancar

oleh : -
Tertunda Karena Perpanjangan Pendaftaran, Tes Tulis Calon PPS Pemilu 2024 Di Jatim Berjalan Lancar
Tes tertulis Calon PPS Pemilu 2024 Di Kabupaten Madiun secara manual

Surabaya, JatimUPdate.id,- Tertunda Karena Perpanjangan Pendaftaran, Tes Tulis Calon PPS Pemilu 2024 Di Jatim Berjalan Lancar. Pelaksanaan tes tertulis PPS Pemilu 2024 untuk tujuh belas KPU Kabupaten/Kota di Jawa Timur sudah dilaksanakan pada Jumat- Minggu, 6-8 Januari 2023, sedangkan tes tertulis PPS untuk 21 KPU Kabupaten/Kota yang melakukan perpanjangan pendaftaran, baru dilaksanakan hari Senin-Kamis, 9-12 Januari 2023. Perpanjangan pendaftaran dikarenakan peserta Calon PPS kurang dari kuota.

Guna memastikan pelaksanaan tes tertulis Panitia Pemungutan Suara (PPS) berjalan lancar sesuai dengan yang dijadwalkan, Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) melakukan supervisi dan monitoring ke sejumlah kabupaten/kota.

Demikian ungkap Divisi SDM dan Litbang KPU Jatim, Rochani dalam keterangannya hari ini Selasa, 10 Januari 2023.

Sebelumnya, menurut Rochani pelaksanaan tes tertulis PPS untuk tujuh belas KPU Kabupaten/Kota sudah dilaksanakan pada Jumat- Minggu, 6-8 Januari 2023.

Kemudian tes tertulis PPS untuk 21 KPU Kabupaten/Kota yang melakukan perpanjangan pendaftaran, dimulai dari Senin-Kamis, 9-12 Januari 2023.

“Dari 21 KPU Kabupaten/Kota tersebut, ada empat KPU Kabupaten/Kota yang melaksanakan tes tulis Berbasis Komputer atau Computer Assisted Test (CAT), yaitu Kota Surabaya, Kota Malang, Bondowoso, dan Bojonegoro. Keempat KPU Kabupaten/Kota ini melaksanakan CAT tanggal 9 sampai 12 Januari 2023” jelasnya.

Sementara tujuh belas KPU Kabupaten/Kota lainnya yakni Bangkalan, Blitar, Gresik, Lamongan, Lumajang, Madiun, Malang, Mojokerto, Nganjuk, Pamekasan, Probolinggo, Sampang, Situbondo, Sumenep, Trenggalek, Tuban serta Tulungagung melaksanakan tertulis PPS secara manual.

“Tes tertulis secara manual di tujuh belas kabupaten/kota telah selesai dilaksanakan pada 9 Januari 2023, dan koreksi hasil tes tertulis akan dilakukan setelah KPU Kabupaten/Kota menerima kunci jawaban dari KPU,” tutur Rochani.

Ia melanjutkan, materi tes tertulis meliputi pengetahuan kebangsaan, kompetensi dasar, pengetahuan kepemiluan.

Pengumuman tes tertulis PPS untuk KPU Kabupaten/Kota yang tidak melakukan perpanjangan, yakni tanggal 12 sampai 14 Januari 2023. Dan untuk KPU Kabupaten/Kota yang melakukan perpanjangan, pengumuman PPS dilakukan tanggal 15 sampai 17 Januari 2023.

“Berdasarkan hasil tertulis akan ditetapkan paling banyak tiga (3) kali jumlah kebutuhan anggota PPS. Yang kemudian, mereka akan mengikuti tes wawancara,” kata Anggota KPU Jatim ini.

Beberapa wilayah yang disupervisi dan monitoring pelaksanaan tes tertulisnya diantaranya, Kota Malang, Malang, Mojokerto, Bangkalan, Sumenep, Madiun, dan Magetan.

“Berdasarkan hasil supervisi dan monitoring KPU Jatim, menunjukkan pelaksanaan tes tulis berbasis CAT maupun manual secara umum dapat berjalan dengan baik dan sesuai jadwal,”tutupnya.(yah)

Ujian Calon PPS Pemilu 2024 Menggunakan CATUjian Calon PPS Pemilu 2024 Menggunakan CAT