Banyak Perempuan Ikuti Wawancara Calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) Di Kepulauan Masalembu

oleh : -
Banyak Perempuan Ikuti Wawancara Calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) Di Kepulauan Masalembu
Seleksi Wawancara calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kepulauan Masalembu untuk Pemilihan Umun tahun 2024 pada tanggal 18 Januari 2023.

Sumenep, JatimUPdate.id,- Banyak Perempuan Ikuti Wawancara Calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) Di Kepulauan Masalembu. PPK Masalembu Lakukan Seleksi Wawancara calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Umun tahun 2024 pada tanggal 18 Januari 2023.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep telah mendelegasikan tugasnya kepada seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Se-Kabupaten Sumenep dalam melaksanakan seleksi wawancara calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Umun tahun 2024 mulai tanggal 18 sampai 20 Januari 2023.

Berdasarkan surat tugas tersebut, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Masalembu melakukan seleksi wawancara calon anggota PPS pada hari Rabu tanggal 18 Januari 2023 di Sekretariat PPK. Kegiatan tersebut dilakukan dari pagi pukul 09.00 – 16.00 sore dan diikuti oleh calon peserta yang terdiri dari 4 desa yaitu desa Masalima, Sukajeruk, Karamian, dan Masakambing. Pembukaan seleksi wawancara dihadiri oleh Camat Masalembu Achmad Auzai Rahman, S.Sos dan anggota Panwaslu Kecamatan Masalembu.

Pada saat membuka acara, Camat Masalembu menyampaikan pihaknya akan memberikan fasilitas serta mendukung penuh segela tahapan pelaksanaan pemilu.

“Kami ingin pemilu 2024 berjalan dengan baik sebagaimana mestinya. Oleh sebab itu sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kami untuk memberikan fasilitas dan dukungan terkait kegiatan tahapan pelaksanaan pemilu.” kata Achmad Auzai Rahman saat membuka acara, Rabu (18-1-2023)

Tak hanya itu, Achmad Auzai Rahman juga berharap pelaksanaan tes seleksi wawancara dapat berjalan sebagaimana mestinya sesuai dengan aturan yang ada.

“Kami berharap anggota PPK Kecamatan Masalembu dapat menjalankan tahapan sesuai dengan aturan yang berlaku agar dapat berjalan dengan baik tanpa ada kendala. Kami juga berharap kepada calon anggota PPS yang nantinya terpilih untuk dapat bekerjasama dengan baik dengan pihak-pihak terkait.” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Deddi Suryadi Ketua PPK Kecamatan Masalembu memberikan apresiasi kepada calon anggota PPS yang hadir.

“Saya mewakili kawan-kawan PPK yang lain memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua calon anggota PPS yang hari ini akan melakukan tes seleksi wawancara. Saya merasakan betul bagaimana perjuangan kawan-kawan selama mengikuti tahapan. Sebagai warga kepulauan, badai dan gelombang pun tidak menjadi penghalang bagi kawan-kawan demi terlibat langsung dalam mensukseskan pemilu yang akan datang.” kata Deddi kepada calon anggota PPS.

Selain itu pihaknya juga merasa bangga sebab banyaknya calon anggota PPS perempuan yang turut andil dalam mensukseskan pemilu 2024.

“Saya merasa bangga sebab banyak perempuan warga kepulauan Masalembu yang mau berperan dalam mensukseskan pemilu mendatang. Hal ini membuktikan bahwa perempuan di Kecamatan Masalembu tidak hanya berkutat pada ranah domestik saja, tapi mereka juga mampu mengambil peran di ranah publik.” ungkap Deddi kagum.

Tak hanya itu, Deddi juga menyampaikan bahwa calon anggota PPS yang terpilih tentunya merupakan putra – putri terbaik kepulaun yang akan mengemban amanah besar dalam mensukseskan pemilu mendatang.

“Kami percaya, calon anggota yang lolos nantinya adalah putra – putri terbaik Masalembu yang dipilih oleh KPU Kabupaten Sumenep untuk membantu mensukseskan pemilu 2024.” imbuhnya.

Pada kesempatan yang lain, Herriyanto selaku Divisi Parmas dan SDM memberikan keterangan terkait teknis pelaksaan tes seleksi wawancara. Pihaknya mengatakan bahwa tes wawancara akan dilakukan dengan cara panel.

“Nantinya calon anggota PPS akan kami wawancarai secara bergantian satu per satu dengan sistem panel. Semua PPK yang bertugas akan memberikan pertanyaan secara bergantian sesuai dengan cakupan materi yang sudah ditetapkan oleh KPU.” kata Herry.

Selain itu Herry juga menjelaskan terkait cakupan materi yang nantinya akan ditanyakan pada saat proses wawancara.

“Jadi ada 3 cakupan materi yang sudah ditentukan oleh KPU yaitu pengetahuan kepemiluan, komitmen, serta rekam jejak calon anggota PPS. Nantinya kami juga akan memberikan kesempatan kepada calon anggota PPS untuk melakukan Klarifikasi apabila ada masukan dan tanggapan dari masyarakat.” pungkasnya. (Feb)