Populasi Ayam Petelur Di Jatim 52,9 Juta ekor, 28 Persen Dari Populasi Ayam Petelur Nasional.

Reporter : -
Populasi Ayam Petelur Di Jatim 52,9 Juta ekor, 28 Persen Dari Populasi Ayam Petelur Nasional.
Kandang Ayam Petelur di Tuban Jawa Timur

Surabaya, JatimUPdate.id,- Populasi ayam petelur di Jatim mencapai 52,9 Juta ekor dan berkontribusi 28% terhadap populasi ayam petelur Nasional.

"Angka tersebut tentunya harus terus kita jaga kestabilannya. Jadi, selain memenuhi kebutuhan dalam provinsi, Jatim juga merupakan tumpuan bahan pangan bagi provinsi lain," lanjut Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Sabtu (28/1).

Baca Juga: Paling Mahal se-Jatim, Segini Harga Telur Ayam Ras di Kota Blitar Perkilogramnya

Bukan hanya ayam petelur, populasi sapi potong Jatim juga mencapai 4,9 juta ekor atau setara 27% dari populasi sapi potong Nasional. Sapi perah populasinya mencapai 305.000 ekor yang berkontribusi 52% terhadap populasi sapi perah Nasional.

"Alhamdulillah, Jatim terus konsisten membuktikan komitmen swasembada pangan nasional. Untuk populasi sapi potong dengan 4,9 juta ekor ini selisihnya sangat jauh dari provinsi di peringkat kedua sebanyak 1,8 juta ekor," ungkap Gubernur Khofifah.

Baca Juga: Pengiriman Jagung dari Bima Diterima oleh Pemerintah Kabupaten Blitar untuk Mendukung Peternak

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik tahun 2021, Jatim menduduki peringkat teratas dalam memberikan kontribusi terhadap populasi nasional sapi potong, sapi perah dan ayam petelur.

Kabupaten Blitar merupakan sentra penghasil telur ayam terbesar di Jawa Timur. Blitar memasok 70% telur di Jawa Timur dan 30% telur nasional. Pada 2020, total produksi telur di Blitar mencapai 1.150-1.200 ton per hari.

Baca Juga: Operasi Pasar Untuk Komoditas Telur dan Daging Ayam Broiler Sementara Dihentikan

Peternak ayam petelur blitar pernah melakukan demo menuntut kenaikan harga telur dengan cara membagikan gratis telur. Fluktuasi harga telur ayam di kandang peternak pernah jatuh hanya dihargai Rp 14 ribu bahkan sempat di level Rp 12 ribuan. Sementara harga acuan Permendag harga Rp 19-21 ribu per kg. Kini harga telur Ayam di pasar surabaya laranga sidoarjo mencapai 27.000,- (yah)

Editor : Redaksi