Sehari Jelang Rekapitulasi DPT Pemilu 2024 Tingkat Provinsi, KPU Jatim Koordinasi dengan 38 KPUD

Reporter : -
Sehari Jelang Rekapitulasi DPT Pemilu 2024 Tingkat Provinsi, KPU Jatim Koordinasi dengan 38 KPUD
Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) melakukan koordinasi dengan 38 KPU Kabupaten/Kota se Jawa Timur.

Surabaya, JatimUPdate.id,- Tepat sehari jelang masa rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu Tahun 2024 di tingkat provinsi, Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) melakukan koordinasi dengan 38 KPU Kabupaten/Kota se Jawa Timur.

Koordinasi dilakukan melalui forum Rapat Koordinasi (Rakor) yang digelar pada Senin, 26 Juni 2023. Bertempat di Hotel Mercure Grand Mirama, Jalan Raya Darmo Nomor 68-78 Surabaya.

Baca Juga: Ungkapan Rasa Syukur Pemilu Berjalan Lancar, Bawaslu Bondowoso Bagi Takjil Dan Buka Puasa Bersama

Ketua Divisi Data dan Informasi KPU Jatim Nurul Amalia mengatakan, berbagai persiapan dilakukan oleh KPU Jatim sebelum besok dilakukan pleno rekapitulasi.

"Sesuai jadwal dan tahapan penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024, KPU Provinsi melaksanakan pleno rekapitulasi DPT Pemilu 2024 mulai 27 hingga 29 Juni 2023. Untuk KPU Jatim akan digelar besok," kata Nurul.

Kendati data yang dibutuhkan untuk proses rekapitulasi sudah siap, pihaknya masih merasa perlu untuk melakukan koordinasi. Di antaranya untuk memperoleh gambaran utuh berbagai dinamika yang terjadi saat pleno penetapan DPT dintingkat kabupaten/kota beberapa hari lalu.

"Sehingga dapat dideteksi apakah semua masukan masyarakat dan saran perbaikan sudah ditindaklanjuti atau belum," ujar Nurul.

Baca Juga: Dialektika Gombal Mukiyo

Untuk itu, mantan komsioner Komisi Informasi Jatim tersebut meyakini hasil koordinasi dengan penyelenggara di tingkat kabupaten/kota mengindikasikan semua proses dan tahapan berjalan sebagaimana yang diharapkan. Keseriusan, kesungguhan, dan kejujuran KPU Kabupaten/Kota diyakini akan menghasilkan DPT yanga bersih dan akurat.

"Semua yang punya hak pilih pada tanggal 14 Februari 2024 sudah masuk secara lengkap dalam DPT, pun yang tidak punya hak pilih sudah bersih dari DPT yang ditetapkan kabupaten/kota beberapa waktu lalu," pungkas Nurul.

Rakor diikuti oleh 38 KPU Kabupaten/Kota se Jawa Timur. Masing-masing terdiri dari Ketua, Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, serta Operator Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih). Rakor berjalan dengan khidmat mulai pukul 09.00 hingga selesai.

Baca Juga: Perolehan Suara Arjuna Fantastis, Cak Ji Klaim Setahun Pesiapan dan Turun ke Bawah

Turut hadir dari KPU Jatim selain Nurul, Kepala Bagian Perencanaan, Data dan Informasi Nurita Paramita, Kepala Subbagian Data dan Informasi Agus Purwanto, Operator Sidalih Ryan Hidayat, serta jajaran bagian terkait.

Sebagai informasi, proses pleno rekapitulasi DPT tingkat provinsi Jawa Timur akan digelar besok Selasa, 27 Juni 2023 di tempat yang sama. Direncanakan pleno rekapitulasi akan diikuti oleh 38 KPU Kabupaten/Kota, perwakilan stakeholders, dan perwakilan Partai Politik Peserta Pemilu 2024 tingkat Jawa Timur. (Yah)

Editor : Yuris P Hidayat