Penertiban APK BK di jalur Hijau, Bawaslu Bondowoso diminta tegakkan keadilan pemilu.

Reporter : -
Penertiban APK BK di jalur Hijau, Bawaslu Bondowoso diminta tegakkan keadilan pemilu.

Surabaya,JatimUPdate.id  - Salah satu tim relawan calon legislatif peserta pemilu partai Golkar, yang mengatasnamakan Relawan Darmawan Puteratama, menganggap kegiatan penertiban alat peraga kampanye (APK) yang dilaksanakan dalam Jum'at bersih tidak adil dan tebang pilih.

Pasalnya, penertiban alat peraga kampanye, telah dinilai terindikasi tebang pilih. Penertiban sendiri dilaksanakan pada Jum'at 12 Januari 2024 oleh jajaran Bawaslu Kabupaten Bondowoso bersama OPD ( organisasi perangkat daerah), Dinas Perhubungan dan Satpol PP, didampingi juga dari pihak kepolisian.

Baca Juga: Persiapan Apel Akbar Siaga Pengawasan Pemilu Bawaslu Bondowoso

Perihal kejadian tersebut, Salah satu Caleg atas nama Relawan Darmawan Puteratama melakukan siaran pers. Melalui siaran persnya, relawan menyampaikan informasi bahwa pada hari Jum’at tanggal 12 Januari 2024, telah terjadi penurunan Alat Peraga Kampanye (APK) milik caleg Partai Golkar Kabupaten Bondowoso, oleh Bawaslu Bersama Satpol PP.

"Kami (Relawan Darmawan Puteratama) menemukan kegiatan penurunan APK Caleg,” ujarnya.

Menurut RDP, pihaknya memahami bahwa alat peraga kampanye yang berlokasi di kawasan hijau Kabupaten Bondowoso, telah melanggar aturan PERDA terkait letak penempatan alat peraga kampanye. Tetapi tidak semua alat peraga kampanye di lokasi tersebut tidak ditertibkan. Sehingga ini dirasa adanya tebang pilih dalam penertiban tersebut.

“Dengan adanya kegiatan itu, kami atas nama Relawan Darmawan Puteratama, telah meminta klarifikasi terhadap Bawaslu Kabupaten Bondowoso,” ujarnya.

Tentang penurunan APK (Alat Peraga Kampanye) atas nama Darmawan Puteratama Calon Legislatif Partai Golkar No. Urut 2 Dapil 1 Kabupaten Bondowsoso, Darmawan menganggap bahwa penertiban APK yang berlokasi di kawasan tersebut terjadi tebang pilih.

Baca Juga: Panwaslu Kecamatan Bondowoso Latih Saksi Parpol dan Petakan Kerawanan Di TPS

“Karena tidak semua APK yang berada di lokasi tersebut diturunkan,” tegasnya.

Atas hal itu, caleg dapil 1 ini meminta klarifikasi atas kegiatan penurunan APK itu, agar segera mendapat respon dari pihak terkait dalam waktu 2x 24 jam sejak surat klarifikasi di serahkan.

"Tebang pilih ini kami anggap terdapat indikasi keberpihakan terhadap salah satu calon atau peserta pemilu tertentu. Tim Relawan Darmawan berharap agar bawaslu ataupun satpol pp yang melakukan penertiban tersebut tidak melakukan keberpihakan,” ujarnya.

Baca Juga: Bawaslu Bondowoso Gelar Pelatihan Saksi Partai Politik

"Sebab, ibarat pertandingan sepak bola, penegak hukum, Bawaslu adalah wasitnya," tambahnya.

Jadi harus netral dan berimbang, atas adanya dugaan ini, maka pemikiran kami menjadi wajar adanya kecurigaan, untuk itu kami mohon Bawaslu menegakkan keadilan pemilu dan bersikap adil” pungkasnya.

Diketahui bahwa dalam penertiban tersebut, ratusan APK dan BK ditertibkan, terdiri dari berbagai macam jenis dan dari beberapa jumlah parpol dan celeg peserta pemilu.

Editor : Ibrahim