Meriahkan HPN 2024, Jurnalis Polres Malang Gelar Lomba Cerdas Cermat Antar Polisi

Reporter : -
Meriahkan HPN 2024, Jurnalis Polres Malang Gelar Lomba Cerdas Cermat Antar Polisi
Keterangan Foto:- Lomba cerdas cermat dilangsungkan di Gedung Sanika Satyawada Mapolres Malang, Sabtu (3/2/2024).

Malang, JatimUPdate.id,- Jurnalis Polres Malang menggelar lomba cerdas cermat antar Kapolsek jajaran dan satuan fungsi Polres Malang dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2024.

Ada 9 regu yang berpartisipasi dalam lomba cerdas cermat tersebut, yang di dalamnya terdapat 30 orang Kapolsek dan 15 orang dari satuan fungsi pejabat utama Polres Malang. Lomba cerdas cermat dilangsungkan di Gedung Sanika Satyawada Mapolres Malang, Sabtu (3/2/2024).

Baca Juga: SMSI Minta Presiden Terbitkan Perpu UU Kedaulatan Digital Pengganti UU ITE

Ketua Panitia Pelaksana HPN 2024 Jurnalis Polres Malang, Aisyah Nawangsari Putri mengatakan lomba cerdas cermat tersebut diadakan selain untuk memeriahkan HPN 2024, juga untuk memperkuat sinergitas antara Korps Bhayangkara dengan para awak media. Lomba cerdas cermat ini sendiri digelar untuk pertama kalinya.

"Kegiatan lomba cerdas cermat dimaksud untuk memacu semangat dan memotivasi personel Polres Malang dan Kapolsek jajaran untuk menambah pengetahuan serta wawasan ilmu, tidak hanya dibidang hukum dan kepolisian, tetapi juga jurnalistik secara khusus," kata Aisyah Nawangsari Putri, Jumat (2/2/2024).

Wanita yang akrab disapa Shasa membeberkan, untuk materi atau pertanyaan lomba cerdas cermat terdiri dari 50 persen tentang jurnalistik, 30 persen terkait pengetahuan umum, dan 20 persen soal hukum. Tema lomba cerdas cermat kali ini selaras dengan tema HPN 2024, yaitu 'Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Keutuhan Bangsa'.

Shasa menambahkan selain dapat mengasah kemampuan, mengikuti kompetisi atau perlombaan juga mampu meningkatkan kreativitas dan memperluas paradigma berpikir. Termasuk untuk mengasah mental sebagai anggota Polri.

"Dengan berani mengikuti lomba, berarti sudah siap menghadapi berbagai permasalahan, baik secara internal maupun eksternal," ungkapnya.

Baca Juga: Dirjen PHL Mengajak Insan Pers Kawal Transisi Kepemimpinan Nasional Demi Selamatkan Planet Bumi

Shasa pun bilang, lomba cerdas cermat kali ini dibagi dalam empat sesi. Tiga sesi penyisihan, dan satu sesi final.

"Adapun untuk hadiahnya, juara satu mendapatkan uang tunai Rp 5 juta, peringkat dua Rp 3 juta dan peringkat tiga Rp 2 juta," terangnya.

Selain lomba cerdas cermat, Jurnalis Polres Malang juga mengadakan lomba karya jurnalistik. Pesertanya meliputi 30 Polsek jajaran dan 15 satuan fungsi Polres Malang.

Tidak kalah menarik dari lomba cerdas cermat, dalam lomba karya jurnalistik itu para peserta memperebutkan hadiah utama satu unit sepeda motor.

Baca Juga: Momen HPN 2024 dan HUT PWI ke-78, PWI Lamongan Robohkan Rumah Janda Miskin

Terakhir, Shasa berharap dengan adanya serangkaian agenda pada peringatan HPN tahun ini mampu mempertebal hubungan baik antara Jurnalis Polres Malang dan Polres Malang. Di samping itu, lomba yang digagas para jurnalis itu mampu menumbuhkan motivasi pada individu masing-masing anggota Polres Malang.

"Kami harapkan agar para personil lebih termotivasi dalam meningkatkan kapabilitas," pungkasnya.(*)

 

Editor : Nasirudin