Arumi Bachsin Elestianto Dardak mengapresiasi jiwa kegotongroyongan TP PKK Kota Surabaya

oleh : -
Arumi Bachsin Elestianto Dardak mengapresiasi jiwa kegotongroyongan TP PKK Kota Surabaya
Arumi bersama Ketua PKK Surabaya Rini Indriani meninjau Posyandu Gunung Kerinci, Kelurahan Sememi, Kecamatan Benowo.

Surabaya (Jatimupdate.id) --Ketua Tim Penggerak (TP PKK) Jatim , Arumi Bachsin Elestianto Dardak mengapresiasi jiwa kegotongroyongan TP PKK Kota Surabaya hingga terpilih untuk mengikuti lomba 10 program PKK.
Disampaikan Arumi, terpilihnya PKK Kota Surabaya yang diwakili Kelurahan Sememi, Kecamatan Benowo hingga masuk nominasi menunjukkan peran aktif PKK Kota Surabaya dalam membangun gotong royong dengan hasil perjuangan yang luar biasa.
"Saya bangga bahwa Kelurahan Sememi letaknya tidak di pusat kota, melainkan agak pinggir namun bisa berprestasi," kata Arumi saat sambutan di Balai Kota Surabaya, Rabu, (8/6).
Apresiasi kedua, lanjut Arumi, Kota Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia. Keunggulan ini ada sisi positif dan negatif. Sisi positifnya ekonomi bagus. Orangnya rajin-rajin. Sedangkan sisi negatifnya banyak pendatang sehingga produktivitas sangat tinggi.
"Berbeda dengan Kab Trenggalek yang saya dulu tinggali dalam menggerakkan masyarakat dan partisipasi sangat mudah karena kultur di desa masih tinggi," ungkapnya.
Meski demikian, Arumi mengatakan kultur individu Kota Surabaya sangat tinggi dipengaruhi produktivitas tinggi, tetapi masih memiliki partisipasi masyarakat. Hal ini bisa dilihat TP PKK yang masuk nominasi. Mereka tidak bisa sukses tanpa adanya dukungan dari masyarakat.
"Meski digerus sifat individual, tapi masih bisa mengerakkan masyarakat. Ini harus diapresiasi apapun nanti hasilnya," tegasnya.
Disampaikan Arumi, persiapan lomba 10 program PKK prosesnya agak panjang karena harus menyatukan dua kepentingan. Pertama lomba desa kelurahan dan lomba 10 program PKK. Sebab, kedua indikator lomba tersebut harus bisa saling melengkapi karena logikanya ketika kelurahan nya baik, pasti ada kontribusi dari PKK.
"PKK tidak bisa bekerja sendiri tanpa dukungan pemerintah desa dan kelurahan. Jadi alhamdulillah bisa dimulai penilaian lapangan 10 program PKK di Kelurahan Sememi dan nanti tim penilai akan berkeliling," tuturnya.
Setelah membuka lomba evaluasi perkembangan kelurahan dan pelaksana terbaik 10 program PKK, Arumi bersama Ketua PKK Surabaya Rini Indriani meninjau Posyandu Gunung Kerinci, Kelurahan Sememi, Kecamatan Benowo.
Adapun maksud kunjungan di lapangan memberikan semangat kepada pengurus dan kader PKK sesuai dengan pengetahuan, kompetensi, ketrampilan dan potensi dalam pelaksanaan 10 program PKK di Kab/Kota
Selain itu tujuan pembinaan dan evaluasi 10 hasil program PKK secara berjenjang tingkat kota, kecamatan, kelurahan dan desa. Termasuk membangun sinergitas pembinaan dengan OPD dan dunia usaha terkait.
Setibanya di posyandu Gunung Kerinci Kelurahan Sememi Kecamatan Benowo, Arumi mengaku posyandu Sememi sudah melewati tahap pertama, yakni mengevaluasi inovasi dan administrasi. Pada tahap selanjutnya, dirinya ingin mencocokkan data administrasi dengan kondisi lapangan benar-benar sesuai.
"Saya terkesan di Kota Surabaya memiliki posyandu di kelurahan sememi yang Alhamdulillah kita melihat partisipasi gotong royong masih ada terutama untuk ibu dan balita bahkan sudah terintegrasi dengan Paud," ungkapnya.
"Selain pendataan, memastikan kualitas kesehatan baik sehingga membantu untuk memastikan data stunting sesuai dengan di lapangannya," tandasnya.
Sementara itu, Ketua PKK Kota Surabaya Rini Indriani mengucapkan terima kasih kepada Arumi atas dukungan dan motivasinya. "Ini menjadi kebanggaan bagi kami agar menjadi contoh serta menginsipirasi kelurahan lain dengan inovasi beragam untuk kepentingan masyarakat," ujarnya.
Menjawab tantangan yang dihadapi, Rini mengaku bagaimana karakter setiap di masing-masing kelurahan berbeda-beda. Namun, hal itu bisa dibuktikan bahwa Kelurahan Sememi sudah melewati tantangan tersebut. "Bisa memacu kita semua, kelurahan Sememi bisa maju, eksis dan berprestasi. Ke depan, kami berharap kolaborasi semacam ini bisa terus berjalan," pungkasnya.

Arumi bersama Ketua PKK Surabaya Rini Indriani meninjau Posyandu Gunung Kerinci, Kelurahan Sememi, Kecamatan Benowo.Arumi bersama Ketua PKK Surabaya Rini Indriani meninjau Posyandu Gunung Kerinci, Kelurahan Sememi, Kecamatan Benowo.