Berkah Ganti Nama, RSUD SIdoarjo Kini Jadi Tempat Pendidikan Bagi Dokter Spesialis Di Indonesia

Reporter : -
Berkah Ganti Nama, RSUD SIdoarjo Kini Jadi Tempat Pendidikan Bagi Dokter Spesialis Di Indonesia
Peresmian Pergantian Nama RSUD Sidoarjo Menjadi RSUD Raden Tumenggung Notopuro

Sidoarjo, JatimUPdate.id,- RSUD Sidoarjo telah berganti nama menjadi RSUD Raden Tumenggung Notopuro yang peresmiannya telah di lakukan pada hari Jumat (8/3/2024).

Perubahan ini dilakukan sebagai bentuk revitalisasi dan komitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat.

Baca Juga: 8.860 RT se Kabupaten Sidoarjo Bersaing Berebut Hadiah 1,5 Milyar

Sebagai Rumah sakit tipe A, kini RSUD R.T Notopuro juga bakal menjadi hospital base atau tempat pendidikan bagi para dokter spesialis di Indonesia.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali mengatakan bahwa RSUD R.T Notopuro tidak hanya rujukan pasien tetapi juga menjadi tempat rujukan pendidikan dokter spesialis (hospital base). Hal tersebut diungkapkan dalam acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Al Quds RSU 'Aisyiyah Siti Fatimah Tulangan. Sabtu (9/3/2024).

Gus Muhdlor, sapaan akrab Bupati Sidoarjo mendukung program Hospital Base yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan. Menurutnya pemerataan dokter spesialis di Indonesia terutama di daerah memang benar-benar diperlukan oleh masyarakat khususnya di Sidoarjo.

"Pendidikan dokter spesialis berdasarkan rumah sakit (hospital base) membuat peluang bertambahnya jumlah dokter spesialis dan membantu percepatan pemenuhan dokter spesialis di Indonesia, khususnya di Sidoarjo," ucap Gus Muhdlor

Peresmian RS R.T Notopuro yang sebelumnya RSUD Sidoarjo menjadi RS Tipe A, Gus Muhdlor berharap Sidoarjo akan menjadi garda depan RS Rujukan, baik rujukan pasien ataupun rujukan pendidikan dokter spesialis.

Baca Juga: Dari Rumah Dinas Bupati Sidoarjo, KPK Bawa Keluar 4 Koper

"RS R.T Notopuro di Sidoarjo saat ini tidak kalah bagus dengan RS lainnya. Fasilitas alat kesehatan, gedung dan SDM yang dimiliki oleh RS ini sudah lengkap dan bagus," imbuhnya

Gus Muhdlor sapaan akrab Bupati muda itu, menyampaikan jika nama baru RSUD tersebut diambil dari nama bupati pertama Kabupaten Sidoarjo yang bergelar Cokronegoro I.

"Beliau adalah sosok yang sangat dekat kepada masyarakat Kabupaten Sidoarjo dan merupakan salah satu tonggak sejarah Kabupaten Sidoarjo dan memiliki historis yang kental," ujarnya.

Dikatakannya, nama R.T. Notopuro mempunyai arti sigap dalam menjalankan perintah istana maupun kerajaan.

Baca Juga: Camat Se Kabupaten Sidoarjo Wajib Menjaga Distribusi Logistik Pemilu

"Nama ini juga sebagai refleksi bagi RSUD Sidoarjo untuk sigap dan siap menata atau menjalankan tugasnya dalam mengabdi kepada masyarakat Sidoarjo dengan nama special yang perhari ini namanya berubah menjadi RSUD Raden Tumenggung Notopuro dengan tagline Profesional dan Peduli," jelasnya.

Ia pun berharap semoga branding baru ini menjadi pelecut awal dan memberikan semangat baru, pelayanan yang lebih baik untuk masyarakat Sidoarjo.

"Saya titip dengan sudah bergantinya RSUD menjadi rumah sakit tipe A, dan memiliki nama, logo, dan tagline baru, akan membawa ruh baru yang lebih baik terutama untuk pelayanan terhadap masyarakat luas," pesannya.(NT)

Editor : Yuris P Hidayat