Buka Pendaftaran UTBK - SNBT, Ini ketentuan - ketentuan Prodi Akedemik dan Vokasi di Unesa

Reporter : -
Buka Pendaftaran UTBK - SNBT, Ini ketentuan - ketentuan Prodi Akedemik dan Vokasi di Unesa
Unesa

Surabaya, JatimUPdate.id,- Universitas Negeri Surabaya ( Unesa ) membuka pendaftaran Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) Untuk Tes Tulis Berbasis Komputer (UTBK),pendaftaran tersebut dibuka mulai Kamis ( 21/3/2024 ),dan sesuai jadwal, seleksi tersebut dibuka hingga 5 April 2024.

Untuk UBTK tahun ini,sama dengan tahun sebelumnya,yakni dilaksanakan di 72 pusat, salah satunya kampus Unesa.

Baca Juga: Resmi Lantik Pejabat Baru, Rektor Unesa: Lakukan Transformasi dan Tingkatkan Reputasi Kampus

Hal tersebut disampaikan Kepala Subdirektorat Penerimaan dan Kelulusan Mahasiswa Unesa, Dr. Sukarmin, M.Pd.,bahwa kampus Unesa atau yang kerap disebut dengan 'Rumah Para Juara' selain sebagai pelaksana UTBK, juga sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri atau PTN Favorit setiap tahunnya.

Dijelaskan Dr.Sukarmin, untuk posisi Unesa dalam UTBK-SNBT, yakni sebagai PTN Akademik yang memiliki 78 Prodi Sarjana Akademik (S-1) yang tersedia,Bahkan dapat dipilih oleh sih pendaftar. Selain itu,kata Dr.Sukarmin, juga sebagai PTN yang memiliki 10 Prodi Sarjana Terapan (D-4).

"Total prodi yang bisa dipilih di UNESA yaitu 88 prodi. Rinciannya 78 prodi sarjana akademik dan 10 prodi sarjana terapan. Daya tampung UNESA jalur ini yaitu sebanyak 44 persen," kata Dr Sukarmin yang sekaligus sebagai Dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unesa

Dr.Sukarmin menambahkan,mengenai daftar keseluruhan Prodi dan Fakultas di Unesa termasuk Kuota penerimaan bisa mengunjungi laman admisi.unesa.ac.id atau laman SNPMB, https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id dengan cara memilih menu UTBK-SNBT, lalu klik PTN SNBT, dan cari Unesa dengan kode 383.

Terkait pendaftaran UTBK, Dr.Sukarmin mengimbau, agar peserta kategori umum atau di luar peserta SNBP 2024 supaya mempersiapkan diri dan persyaratan untuk mendaftar dari sekarang. Sementara bagi peserta SNBP 2024 bisa menunggu pengumuman terlebih dahulu.
Bagi peserta SNBP yang belum beruntung bisa mendaftar lagi di jalur UTBK-SNBT. Sementara peserta yang nanti dinyatakan lolos jalur SNBP 2024 tidak boleh mendaftar lagi di jalur UTBK-SNBT.

Dia mengungkapkan, UTBK-SNBT tahun ini memberikan kesempatan kepada peserta untuk memilih 1 hingga 4 prodi, baik itu Prodi Sarjana Akademik maupun Sarjana Terapan.

Baca Juga: Seruu..Meriahkan Puncak Ramadan Carnival 2024, Unesa Gelar Lomba Mirip Wajah Rektor

Dibawah ini adalah ketentuan - ketentuannya :

Bagi yang memilih 1 prodi bisa memilih program manapun, bisa prodi sarjana akademik, sarjana terapan atau diploma.

Bagi yang memilih 2 prodi, juga bisa memilih program manapun, bisa prodi sarjana akademik, sarjana terapan atau diploma.

Bagi yang memilih 3 prodi, ketentuannya, bisa memilih 2 prodi sarjana akademik dan 1 program vokasi (sarjana terapan D-4 atau D-3), atau bisa sebaliknya, 2 program vokasi, 1 program sarjana akademik.

Baca Juga: Komitmen Transparansi, Rektor Unair Umumkan Kandidat Penerima Golden Ticket Masuk

Bagi yang memilih 4 prodi, ketentuannya bisa memilih 2 prodi sarjana akademik dan 2 prodi sarjana terapan (harus ada minimal 1 program diploma tiga atau D-3).

Sebelum melakukan pendaftaran, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan di antaranya terkait pemilihan prodi yang harus disesuaikan dengan kemampuan, minat-bakat atau rencana karir peserta ke depan. Dianjurkan juga untuk mencari tahu kuota penerimaan dan tingkat persaingan prodi yang dipilih.

Pemilih prodi Olahraga, Seni dan Desain wajib mengunggah portofolio. Bagi pendaftar disabilitas bisa menyiapkan surat pernyataan yang ditandatangani kepala sekolah di atas meterai dan stempel sekolah.

Disarankan segera mendaftar alias tidak mendaftar mepet penutupan. Lalu, pilihlah lokasi tes yang terdekat, mudah diakses dan dijangkau. Jangan lupa untuk memperhatikan tanggal penting seperti waktu dan ketentuan pendaftaran. “Paling penting persiapan diri dengan belajar, latihan soal, dan berdoa,” pintahnya.( dji )

Editor : Nasirudin