Tanam Cabe Serentak Di Pekarangan, Upaya Wujudkan Ketahanan Pangan Keluarga PKK Bondowoso

Reporter : -
Tanam Cabe Serentak Di Pekarangan, Upaya Wujudkan Ketahanan Pangan Keluarga PKK Bondowoso
Aksi Tanam Cabe Serentak Di pekarangan oleh TP PKK Kecamatan Bondowoso

Bondowoso, JatimUPdate. Id, TP- PKK Kelurahan Badean bersama dengan Pemerintah Kelurahan Badean Kecamatan Bondowoso melakukan gerakan serentak tanam cabe di pekarangan (GAS TANCAP) pada Rabu, (27/3/2024).

Kegiatan Gas Tancap ini dilakukan di RT 36 RW 07 Kelurahan Badean Kecamatan Bondowoso Kabupaten Bondowoso. Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan ketahanan pangan, dan mengantisipasi melonjaknya harga cabai di pasaran.

Baca Juga: Kodim 0822 Bondowoso Gelar Bazar Murah

Acara dimulai dengan pembukaan di Kantor Kelurahan Badean, dengan melakukan pembagian bibit secara simbolis. Masing-masing RT mendapatkan lima bibit cabai.

Hadir dalam kegiatan Forkopim Kelurahan, Ketua TP PKK Kecamatan Bondowoso yang diwakili Sekretaris beserta pengurus, pengurus TP-PKK Kelurahan Badean, Ketua PKK RW, Ketua KWT, PPL Pertanian, serta dari Babinsa Koramil 0822/01 Bondowoso dan Babinkamtibmas.

Ibu Yasinta Galuh, Lurah Badean menyambut baik kedatangan dari TP PKK Kecamatan dalam Tancap Gas ini, menurutnya kegiatan ini sangat produktif dan positif untuk warganya. Ditengah melonjaknya harga cabai dan kebutuhan pokok lainnya, kegiatan menanam cabai di pekarangan sangat bisa membantu perekonomian warga dan memanfaatkan lahan pekarangan yang kurang produktif.

"Kegiatan ini sangat positif dan membantu warga Badean. Terimakasih atas dukungan semua pihak, khususnya TP PKK Kecamatan dan dari Babinsa dalam melakukan pendampingan," kata Bu Lurah.

Setelah dilakukan pembukaan dan pembagian bibit cabai, peserta langsung menuju peninjauan lokasi penanaman, di Istana Bondowoso RT 36 RW 07 untuk menanam bibit bersama dengan di dampingi oleh Babinsa Koramil 0822/01 Bondowoso.

Baca Juga: Gerakan Pangan Murah Bondowoso Jual Sembako Lebih Murah dari Pasaran

Serda Moc. Baharudin selalu Babinsa Koramil 0822/01 Bondowoso menyampaikan bahwa pihaknya melakukan pendampingan terhadap kegiatan Gas Tancap tersebut. Menurutnya pendampingan tersebut merupakan wujud bantuan secara tidak langsung untuk memberikan motivasi kepada warga sesuai dengan yang diharapkan dalam melakukan penanaman dan perawatan tanaman cabai.

"Kami selaku Babinsa harus selalu aktif memberikan pendampingan kepada warga dengan tujuan memberikan motivasi dan mendorong perekonomian para warga sekaligus meningkatkan ketahanan pangan di wilayah binaan," tuturnya.

Lanjutnya, tanaman cabai merupakan tanaman yang jika dikelola dengan benar maka akan memberikan hasil yang menjanjikan serta dapat meningkatkan perekonomian warga itu sendiri.

"Dengan adanya pendampingan terhadap warga diharapkan bisa bercocok tanam dengan baik agar hasilnya nanti bermutu dan berkualitas lebih baik dari sebelumnya," tutup Babinsa Badean.

Baca Juga: Viral Bongkar Muat LPG 3 Kg Di Hutan, Polres Bondowoso Lakukan Pengecekan Di Setiap Agen Pengecer

Ibu Jamila, selaku warga Istana Badean dan pengurus TP-PKK Badean mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Pemerintah Kelurahan Badean dalam hal ini Ibu Lurah Yasinta Galuh, Bapak Babinsa dan Babinkamtibmas yang telah mendukung mensukseskan dalam rangkaian acara Gas Tancap di Wilayah Istana Badean Bondowoso.

"Terimakasih dan Apresiasi kepada Ibu Yasinta Galuh, Lurah Badean serta bapak Babinsa dan Babinkamtibmas yang telah mendukung dan memberikan pendampingan dalam acara Gerakan serentak tanam cabai di pekarangan. Semoga pendampingan ini terus berlanjut," ungkapnya.(AR) 

Editor : Nasirudin