Tiga Tahun Kepemimpinan Yuhronur, Tren Angka Kemiskinan Lamongan Turun

Reporter : -
Tiga Tahun Kepemimpinan Yuhronur, Tren Angka Kemiskinan Lamongan Turun
Ket Foto :- Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi diacara bersama lembaga sosial PKH, TKSK, LKSA, Tagana dan YSS, Rabu (3/4/2024) di lantai 7 gedung Pemkab. ZB

Lamongan, JatimUPdate.id,- Tiga tahun kepemimpinan Bupati Yuhronur Efendi menunjukkan tren kemajuan yang tidak bisa dipungkiri. Angka kemiskinan di Kabupaten Lamongan turun.

Tercatat pada tahun 2023 persentase kemiskinan di Kabupaten Lamongan menempati angka 12,42, lebih rendah jika dibandingkan dengan tahun 2022 yakni 12,53 dan tahun 2021 berada pada angka 13,86.

Baca Juga: Polres Lamongan Terjunkan 300 Personil untuk Keamanan Lebaran Idul Fitri 1445 H

"Capaian tersebut terus dipertahankan dengan cara memberdayakan masyarakat melalui lembaga sosial," ungkap  Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi diacara bersama lembaga sosial PKH, TKSK, LKSA, Tagana dan YSS, Rabu (3/4/2024) di lantai 7 gedung Pemkab.

Tugas seluruh lembaga sosial di Kabupaten Lamongan telah berhasil mewujudkan kemandirian sosial,  dibuktikan dengan turunnya angka kemiskinan. Pada tahun 2023 angka kemiskinan berhasil turun di angka 12,42 dari target 13,17.

Tugas pilar sosial tidak hanya menyalurkan bantuan, melainkan juga mentransformasikan nilai keberdayaan dan nilai kemandirian. Sehingga masyarakat dapat meningkatkan status sosialnya.

Baca Juga: Pemkab Blitar Terus Berikhtiar Kurangi Angka Kemiskinan

Proses menurunkan persentase kemiskinan tidak mudah, walau untuk angka 0,1 saja. Maka Pemkab Lamongan tidak hanya memberikan bantuan sosial saja, melainkan juga memberikan pendekatan pelayanan berkualitas dan gratis kepada masyarakat. 

Seperti di bidang pendidikan ada program beasiswa terintegrasi dan gratis,  dan dengan program ini diharapkan seluruh anak di Kabupaten Lamongan mampu mengenyam pendidikan. 

Adapun program di bidang kesehatan yakni Lamongan sehat dengan kunjungan rumah (Laserku), adanya program ini bertujuan untuk memberikan dan mendekatkan pelayanan kesehatan berkualitas kepada masyarakat yang kurang mampu. Hingga saat ini Laserku sudah menaungi 3000 KK.

Baca Juga: Sertifikasi Tanah Wakaf, Bentuk Fasilitasi Negara Untuk Kegiatan Pendidikan dan Keagamaan

Dipastikan, Pemkab Lamongan akan terus mendampingi masyarakat untuk menuju kemandirian sosial. Tidak hanya melalui bantuan sosial melainkan juga melalui program prioritas. (ZR)

Ket Foto :- Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi diacara bersama lembaga sosial PKH, TKSK, LKSA, Tagana dan YSS, Rabu (3/4/2024) di lantai 7 gedung Pemkab. ZBKet Foto :- Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi diacara bersama lembaga sosial PKH, TKSK, LKSA, Tagana dan YSS, Rabu (3/4/2024) di lantai 7 gedung Pemkab. ZB

Editor : Nasirudin