FGD Pers Mengawal Pembangunan Daerah Berkelanjutan di Pendopo Kabupaten Jember

Reporter : -
FGD Pers Mengawal Pembangunan Daerah Berkelanjutan di Pendopo Kabupaten Jember
Ket Foto:- Peran Pers dalam Pembangunan Daerah Berkelanjutan di Pendopo Kabupaten Jember, senin (22/4/2024).

Jember, JatimUPdate.id,- Forum Group Discussion (FGD) yang melibatkan insan pers digelar di Pendopo Kabupaten Jember dalam rangka mengawal pembangunan daerah berkelanjutan, Senin (23/4/2024).

Acara ini tidak hanya menjadi bagian dari upaya lokal untuk memperkuat peran media dalam pembangunan berkelanjutan, tetapi juga merupakan rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2024 dan HUT ke-78 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang dipusatkan di Jember.

Baca Juga: KAUJE Berkomitmen Beri Kontribusi Untuk Masyarakat

FGD yang bertema "Peran Pers dalam Pembangunan Daerah Berkelanjutan" ini menjadi wadah bagi para wartawan untuk menyampaikan gagasan, masukan, serta kritik membangun terkait dengan pembangunan daerah di Kabupaten Jember. Dalam sambutannya, Bupati Jember, Ir. H. Hendy Siswanto., ST., IPU., ASEAN Eng., yang telah menjabat sejak 26 Februari 2021, menekankan pentingnya peran media dalam mendukung pembangunan berkelanjutan.

"Pembangunan yang berkelanjutan harus didukung oleh kesadaran bersama dari semua pihak, termasuk media massa. Media memiliki peran penting dalam menyampaikan informasi yang akurat dan berimbang, serta membangun kesadaran masyarakat akan isu-isu lingkungan dan pembangunan yang berkelanjutan," ujar Bupati Hendy.

Baca Juga: Dewan Pers Gelar  UKW di NTB 7 Peserta Dinyatakan Tidak Kompeten

Para peserta FGD juga mendiskusikan berbagai isu strategis terkait dengan pembangunan daerah berkelanjutan, seperti perlindungan lingkungan, pemanfaatan sumber daya alam yang lestari, pengembangan ekonomi lokal, dan peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Acara FGD ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk memperkuat sinergi antara pemerintah, media massa, dan masyarakat dalam mewujudkan pembangunan daerah yang berkelanjutan dan berdaya saing. Dengan kolaborasi yang baik, diharapkan Kabupaten Jember dapat menjadi contoh dalam implementasi pembangunan berkelanjutan di tingkat lokal.

Baca Juga: Dewan Pers Bersama Wartawan NTB Tolak RUU Penyiaran 

Narasumber lain yang turut berpartisipasi dalam FGD ini adalah Ketua PWI Jawa Timur, Lutfil Hakim, serta Ketua Dewan Pers, Dr. Niniek Rahayu, yang menyoroti pentingnya etika dan profesionalisme dalam pemberitaan demi terciptanya informasi yang berkualitas dan dapat dipercaya oleh masyarakat.(NT)

Editor : Nasirudin