Universitas Brawijaya Terus Menguat: Raih Prestasi di QS World University Rankings by Subject 2024

Reporter : -
Universitas Brawijaya Terus Menguat: Raih Prestasi di QS World University Rankings by Subject 2024
Rektorat Universitas Brawijaya

Malang, JatimUPdate.id,- Universitas Brawijaya (UB) kembali menorehkan prestasi gemilang dengan peningkatan jumlah bidang keilmuan yang masuk dalam pemeringkatan QS World University Rankings by Subject 2024. Kabar gembira ini disampaikan oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Reputasi UB, Adharul Muttaqien.

Menurut Adharul, pada periode tahun 2024, UB mengalami peningkatan signifikan dengan masuknya enam bidang ilmu dalam pemeringkatan tersebut, meningkat dari tiga bidang ilmu pada periode sebelumnya.

Baca Juga: UB Berencana Mengundang Mahasiswa untuk Klarifikasi Kasus Penerima KIP Kuliah yang Viral

“Pada periode 2024, capaian QS WUR by Subject UB mencakup lima bidang ilmu spesifik (Specific Subject) dan satu bidang ilmu yang luas (Broad Subject),” ungkap Adharul.

Bidang-bidang ilmu tersebut antara lain:

Accounting and Finance (peringkat 301-350)
Agriculture and Forestry (peringkat 301-350)
Law and Legal Studies (peringkat 301-350)
Business and Management Studies (peringkat 451-500)
Economics and Econometrics (peringkat 451-500)
Social Science and Management (peringkat 501-550)
Adharul menjelaskan bahwa QS WUR by Subject menggunakan beberapa indikator dalam penilaiannya, seperti Reputasi Akademik, Reputasi Pengusaha, Sitasi Paper, dan H-Index Citation untuk masing-masing bidang ilmu.

Baca Juga: Rembuk Warga Kepulauan Kangean-Malang: Menggagas Pemimpin Masa Depan Kabupaten Sumenep

“Reputasi Akademik dan Reputasi Pengusaha dinilai melalui survei yang melibatkan pakar dan pengusaha terkemuka. Sedangkan Sitasi Paper mengukur jumlah sitasi untuk satu paper terindeks Scopus, dan H-Index Citation mengukur jumlah dokumen yang memiliki sitasi dengan jumlah tertentu,” terangnya.

Prestasi ini menunjukkan bahwa UB terus menunjukkan kualitasnya, terutama dalam bidang ilmu yang diakui secara global. Adharul berharap pencapaian ini dapat menjaga reputasi UB sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Baca Juga: Diikuti 20.775 Orang, Pelaksanaan UTBK 2024 di UB: Fokus pada Keamanan dan Kenyamanan Peserta

“Kita menunjukkan kepada calon mahasiswa bahwa UB memiliki berbagai bidang keilmuan yang diakui dunia, sehingga diharapkan mereka semakin yakin untuk melanjutkan pendidikan di UB,” tambahnya.

Sebelumnya, pada tahun 2023, UB telah berhasil masuk dalam QS WUR by Subject dengan tiga bidang ilmu yang terpilih, yaitu Law and Legal Studies (peringkat 301-350), Agriculture and Forestry (peringkat 251-300), dan Business and Management Studies (peringkat 451-500).(NT)

Editor : Nasirudin