Persiapan Pilkada di Tuban Masih Sepi, Golkar Mengusung Kembali Bupati Petahana

Reporter : -
Persiapan Pilkada di Tuban Masih Sepi, Golkar Mengusung Kembali Bupati Petahana
Bupati Tuban saat di kegiatan Musrenbang (Foto:RRI/Witra)

Tuban, Jatimupdate.id - Meskipun daerah lain telah memunculkan beberapa calon bupati-wakil bupati (cabup-cawabup) untuk Pilkada 2024, di Tuban situasinya masih tenang. Hingga saat ini, hanya Partai Golkar yang telah secara resmi mengumumkan dukungan mereka terhadap Bupati Petahana, Aditya Halindra Faridzky, sebagai calon bupati.

Aditya Halindra Faridzky, yang juga merupakan Ketua DPD Partai Golkar Tuban, menyatakan keyakinannya untuk maju kembali dalam Pilkada mendatang. "Insyaallah saya maju lagi. Mohon doanya," ujarnya kepada awak media setelah menghadiri musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) beberapa pekan lalu.

Baca Juga: Angin Segar Bagi Armuji, Pengamat Sebut Bakal Diusung PDIP pada Pilwali Surabaya 2024

Sementara itu, partai lain seperti PDIP dan Gerindra belum mengambil langkah konkret terkait pencalonan. Andhi Hartanto, Ketua DPC PDIP Tuban, menyatakan bahwa partainya masih dalam proses membuka penjaringan calon. "Kami masih melakukan komunikasi di internal PDIP, juga dengan tokoh-tokoh masyarakat dan parpol lain," katanya.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Lutfy Firmansyah, Sekretaris DPC Partai Gerindra Tuban. Menurutnya, partai tersebut belum membahas secara intensif mengenai calon bupati-wakil bupati. "Untuk pilkada, kita masih menunggu informasi perkembangan saja," ujarnya.

Baca Juga: Aktivis 98 Mohammad Trijanto Dampingi Pengacara Supriarno Kembalikan Formulir Bacabup Blitar

Partai-partai seperti Gerindra dan PPP di Tuban tidak memiliki cukup kursi untuk mengusung calon sendiri. Partai Gerindra, misalnya, hanya memiliki empat kursi di DPRD, jauh dari ambang batas minimal 20 persen yang diperlukan untuk mengusung calon secara mandiri. Oleh karena itu, mereka harus menjalin koalisi dengan partai lain.

Ketua DPC PPP Tuban, Ahmad Husam, juga mengakui bahwa PPP akan perlu menjalin koalisi dengan partai lain untuk Pilkada nanti. "Kita harus menjalin koalisi dengan partai lain," ungkapnya, sambil menyatakan bahwa belum dapat memastikan apakah akan berkoalisi dengan Partai Golkar.

Baca Juga: Warga Pesisir Doakan Fathoni jadi Walikota Surabaya 

Dengan demikian, meskipun Pilkada 2024 sudah di depan mata, Tuban masih dalam tahap awal persiapan dengan partai-partai politik yang sedang melakukan konsolidasi dan mencari dukungan untuk mengusung calon bupati-wakil bupati. (RT)

Editor : Redaksi