Diikuti 20.775 Orang, Pelaksanaan UTBK 2024 di UB: Fokus pada Keamanan dan Kenyamanan Peserta

Reporter : -
Diikuti 20.775 Orang, Pelaksanaan UTBK 2024 di UB: Fokus pada Keamanan dan Kenyamanan Peserta
Wakil Rektor I Prof Imam Santoso saat Melakukan Sidak persiapan UTBK di FIA (26/4/2024).

Malang, JatimUPdate.id,- Sebanyak 20.775 peserta akan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di UB. Dari 20.775 peserta tersebut ada sekitar 18 peserta difabel non tunanetra. Mereka akan mengikuti ujian selama tujuh hari (30/4/2024) dan (2/5-7/5/2024) di 16 lokasi yang ada di UB.

Universitas Brawijaya (UB) menjadi salah satu pusat pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk tahun 2024. Selama tujuh hari, ribuan peserta ujian bersaing di berbagai kampus, termasuk UB, untuk mengikuti Seleksi Nasional Berbasis Tes dan mendaftar sebagai mahasiswa baru.

Baca Juga: Menteri Desa Hadiri Wisuda Universitas Brawijaya, Ajak Alumni UB Bangun Indonesia dari Desa

Dr. Riza Satria Perdana, S.T., M.T, yang melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan UTBK pada hari pertama di UB, memberikan apresiasi positif terhadap persiapan dan pelaksanaan ujian. Ia mengamati beberapa fakultas, seperti Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Peternakan, dan Fakultas Ilmu Komputer.

"Sejak persiapan kemarin, kita sudah benar-benar melihat upaya yang dilakukan di pusat UTBK UB, seperti penunjuk arah yang tersedia di berbagai titik," jelasnya.

Riza juga memberikan apresiasi terhadap kreativitas UB dalam menyediakan ruang transit untuk peserta ujian. "Belum tentu pusat lain mampu menyediakan fasilitas seperti ini karena harus menyiapkan satu ruangan yang benar-benar kosong untuk dijadikan transit," ungkapnya.

Baca Juga: Buka Bimtek Peningkatan Kapasitas SDM APIP, Ini Pesan Bupati Blitar

Selain faktor keamanan, Riza juga menyoroti faktor kenyamanan bagi peserta ujian. "Pemeriksaan body check di UB juga lebih serius, terutama di Fakultas Kedokteran, mereka sangat concern terhadap hal-hal seperti ini," tambahnya.

Koordinator SNBP 2024 ini juga menegaskan pentingnya menjaga suhu perangkat dan memberikan kenyamanan bagi peserta selama ujian berlangsung.

Baca Juga: Pemprov Jatim Jalin Kerjasama dengan 12 Perguruan Tinggi untuk Tingkatkan Kualitas SDM ASN

Secara keseluruhan, Riza menyatakan bahwa pelaksanaan UTBK di UB merupakan yang paling baik. Hal ini karena banyak hal yang diperhatikan, baik dari segi keamanan, kelancaran, maupun kenyamanan bagi peserta dan panitia.

Di tahun ini, lebih dari 20 ribuan peserta dijadwalkan mengikuti UTBK di UB. Mereka akan tersebar di 16 titik di berbagai fakultas, selama 14 sesi yang diadakan selama satu minggu. Pelaksanaan UTBK ini diharapkan dapat memberikan kesempatan yang adil dan transparan bagi para calon mahasiswa.(NT)

Editor : Nasirudin