Menjelang Pilkada 2024

Tingkat Kepuasan Publik terhadap Kinerja Bupati Ponorogo, H Sugiri Sancoko, Meningkat Signifikan

Reporter : -
Tingkat Kepuasan Publik terhadap Kinerja Bupati Ponorogo, H Sugiri Sancoko, Meningkat Signifikan
Sugiri Sancoko, Bupati Ponorogo yang menjabat pada periode periode 2021–2024. Hadir Dalam Persiapan malam ambyar award,Kamis (25/8/2022).

Ponorogo,JatimUPdate.id,- Hasil survei terbaru dari Indopol menunjukkan bahwa tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Bupati Ponorogo, H Sugiri Sancoko, mengalami peningkatan signifikan. Survei yang dilakukan pada periode 23-28 April 2024 menunjukkan bahwa tingkat kepuasan mencapai 85,61.

Direktur Indopol Jatim, Fauzin, dalam rilis hasil survei di Warung Wakoka Ponorogo pada Rabu (9/5/2024), menjelaskan bahwa tren kepuasan terhadap kinerja bupati telah mengalami peningkatan, terutama mulai dari bulan Oktober 2023 hingga April 2024.

Baca Juga: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bondowoso Gelar Apel Kesiapan Pilkada 2024

Survei tersebut juga mengungkapkan bahwa sebanyak 85,61 persen responden menyatakan kepuasan terhadap kinerja Bupati H. Sugiri Sancoko dalam memperbaiki kondisi Ponorogo. Sementara itu, sebanyak 59,76 persen responden ingin memilih kembali H. Sugiri Sancoko sebagai bupati Ponorogo pada Pilkada 2024.

Dalam pertanyaan terbuka (TOP of MIND), H. Sugiri Sancoko mendominasi dengan persentase dukungan mencapai 52,68 persen, diikuti oleh Ipong Mukhlisoni dengan persentase 2,93 persen, sementara figur lainnya mendapatkan dukungan di bawah 1 persen.

Secara geografis, dukungan terhadap H. Sugiri Sancoko tersebar di kecamatan Ponorogo, Jenangan, Mlarak, Siman, Ngebel, Pudak, Pulung, Sawoo, Bungkal, Ngrayun, Balong, Kauman, Sampung, dan Sukorejo.

Sementara itu, untuk kategori usia, H. Sugiri Sancoko mendapat dukungan dari generasi milenial ke atas dengan berbagai tingkat pendidikan.

Dalam pertanyaan semi terbuka (10 nama), elektabilitas tertinggi juga dikuasai oleh H. Sugiri Sancoko dengan persentase 62,93 persen, diikuti oleh Ibnu Multazam dengan 3,17 persen, dan figur lainnya di bawah 2 persen.

Baca Juga: Diseminasi Media yang Berkualitas, Demi Pilkada Serentak 2024 yang Aman dan Damai

Survei ini juga mengungkapkan bahwa kondisi ekonomi keluarga masyarakat Ponorogo saat ini dinilai lebih baik daripada satu tahun sebelumnya, meskipun sebagian besar responden menyebutkan kenaikan harga barang pokok sebagai faktor penyebab utama ketidakpuasan.

Dalam penilaian terhadap kinerja pemerintah daerah, sebanyak 47,56 persen responden menyatakan kinerja pemerintah sudah baik, 48,54 persen menyatakan cukup, dan hanya 3,90 persen menyatakan buruk.

Survei ini juga menunjukkan bahwa janji politik Bupati H. Sugiri Sancoko pada masa kampanye dinilai sesuai oleh sebanyak 82,93 persen responden.

Baca Juga: KPU Kota Blitar Luncurkan Tagline "Gembira" untuk Pilkada 2024

Meskipun demikian, survei juga menunjukkan bahwa masih ada 34 persen masyarakat yang bisa berubah pilihannya hingga Pilkada 2024 dilaksanakan, dan 28 persen yang belum menentukan pilihan, membuka peluang bagi munculnya figur penantang bupati incumbent.

Survei ini menjadi gambaran penting dalam dinamika politik menjelang Pilkada 2024, di mana elektabilitas H. Sugiri Sancoko mengalami peningkatan signifikan dan masih terbuka peluang bagi persaingan di masa yang akan datang. (NT)

Direktur Indopol Jatim, Fauzin Dalam rilis hasil survei di Warung Wakoka Ponorogo, Rabu (9/5/2024).Direktur Indopol Jatim, Fauzin Dalam rilis hasil survei di Warung Wakoka Ponorogo, Rabu (9/5/2024).

Editor : Nasirudin