Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim Sebuah Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan

Reporter : -
Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Jatim Sebuah Terobosan di Tengah Moratorium Menteri Keuangan
Peletakan batu pertama pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Provinsi Jawa Timur, Senin (13/5/2024).

Surabaya, JatimUPdate.id,- Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, mengukir sejarah baru dengan melakukan seremoni peletakan batu pertama pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Provinsi Jawa Timur.

Acara yang berlangsung pada Senin (13/5/2024) ini menandai langkah berani LaNyalla dalam menembus moratorium pembangunan gedung Kementerian dan Lembaga yang diberlakukan oleh Menteri Keuangan sejak tahun 2014 lalu.

Baca Juga: Jaga Kondusifitas Pemilu 2024, Adhy Karyono Terima PWI Jatim Award 2024

Pembangunan Kantor Daerah DPD RI ini, yang berlokasi di Jalan Jemur Andayani, Wonocolo, Surabaya, merupakan hasil dari kolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jatim melalui mekanisme hibah dan bantuan dana. Langkah ini dianggap sebagai terobosan signifikan dalam konteks pemenuhan amanat Undang-Undang MD3, terutama dalam menyerap aspirasi masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, LaNyalla menyatakan harapannya agar moratorium pembangunan gedung Kementerian dan Lembaga segera dicabut oleh pemerintahan yang akan datang. Ia menegaskan bahwa pembangunan Kantor Daerah DPD RI adalah sebuah kebutuhan yang tidak bisa diabaikan, mengingat peran penting anggota DPD RI dalam menyerap dan memperjuangkan aspirasi masyarakat di daerahnya.

"Pembangunan kantor daerah merupakan langkah nyata dalam upaya meningkatkan pelayanan dan penyerapan aspirasi masyarakat serta penguatan kepentingan daerah yang menjadi tugas utama anggota DPD RI," ujar LaNyalla.

Selain itu, LaNyalla juga berharap bahwa pembangunan kantor ini dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas anggota DPD RI daerah pemilihan Jawa Timur dalam menjalankan tugas-tugas mereka. Dia menekankan pentingnya menjalin hubungan yang harmonis dengan pemerintah daerah dan masyarakat setempat.

Langkah ini mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak, termasuk Pemerintah Provinsi Jawa Timur di bawah kepemimpinan Gubernur Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur Emil Dardak, serta pimpinan DPRD Provinsi Jawa Timur. LaNyalla juga mengucapkan terima kasih kepada Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono, yang turut melanjutkan proses hingga tahap pelaksanaan.

Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Provinsi Jawa Timur bukan hanya sebuah bangunan fisik, melainkan juga sebuah simbol perjuangan dalam menghadirkan pemerintahan yang lebih dekat dengan rakyat serta mewujudkan tatanan demokrasi yang lebih inklusif dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat daerah. Semoga pembangunan ini berjalan lancar dan memberikan manfaat yang besar bagi Jawa Timur dan Indonesia pada umumnya.

Pusat Aspirasi dan Kekuatan Bangsa

Baca Juga: Datangi Open House Prabowo, LaNyalla: Silaturahmi dan Nostalgia Saat di Gerindra

Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024, Khofifah Indar Parawansa, ikut hadir dan memberikan sambutan dalam seremoni peletakan batu pertama pembangunan Kantor Perwakilan Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) di Jawa Timur.

Dalam kesempatan ini, Khofifah menyampaikan harapannya bahwa keberadaan Kantor Daerah DPD RI di Jawa Timur akan memberikan ruang partisipatoris yang lebih besar bagi masyarakat dan daerah yang diwakili oleh anggota DPD RI.

"Kami bangga Ketua DPD RI berasal dari Jatim. Tentu ini menjadi kekuatan besar bagi Jatim. Makanya kami mendukung sehingga keberadaan kantor daerah akan memudahkan dalam menjaring aspirasi dan mengawalnya hingga terealisasi oleh pemerintah pusat," ungkap Khofifah.

Menurut Khofifah, kehadiran Kantor DPD RI di Jawa Timur juga diharapkan dapat semakin memperkuat posisi Jawa Timur sebagai centre of gravity Indonesia. Ia menegaskan bahwa meskipun secara de jure ibukota negara berada di tempat lain, secara de facto ibukota negara itu ada di Jawa Timur. Hal ini merujuk pada peran strategis Jawa Timur sebagai pusat aktivitas ekonomi, sosial, dan politik di Indonesia.

Sekjen DPD RI, Rahman Hadi, menjelaskan bahwa proses hibah tanah untuk Gedung DPD RI Jatim dimulai saat Ketua DPD RI menyampaikan secara lisan kepada Khofifah saat berkunjung ke Kantor Gubernur Jatim pada 1 November 2019. Setelah itu, DPD RI mengirim surat resmi. Hibah tanah seluas 2000 meter persegi terealisasi 15 bulan kemudian pada 24 Februari 2021.

Baca Juga: Pj Gubernur Jawa Timur dan Mantan Gubernur Sholat Idul Fitri Bersama di Masjid Nasional Al Akbar

"Karena Moratorium pembangunan gedung kementerian negara atau lembaga oleh Menteri Keuangan belum dicabut, maka Ketua DPD RI meminta kepada Ibu Khofifah saat itu agar dapat diberikan bantuan pembangunan melalui mekanisme Naskah Perjanjian Hibah Daerah dalam bentuk uang dengan total Rp16.277.000.000," kata Rahman Hadi.

Proses pembangunan direncanakan selesai dalam waktu 6 bulan terhitung mulai tanggal 18 April 2024 sampai dengan 19 September 2024.

Acara peletakan batu pertama ini juga dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Wakil Ketua I DPD RI Nono Sampono, anggota DPD RI dapil Jatim Evi Zainal Abidin dan Adilla Aziz, serta berbagai tokoh masyarakat dan undangan lainnya. Semua pihak berharap pembangunan Kantor DPD RI ini dapat memberikan kontribusi positif yang besar bagi Jawa Timur dan Indonesia pada umumnya. (YH/NT)

Editor : Yuris P Hidayat