Pemerintah Kabupaten Bondowoso dan Bank Jatim Luncurkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD)

Reporter : -
Pemerintah Kabupaten Bondowoso dan Bank Jatim Luncurkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD)
Peluncurkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) pada Rabu (15/5) di ballroom Hotel Grand Padis Bondowoso.

Bondowoso, JatimUpdate.id,– Pemerintah Kabupaten Bondowoso bersama dengan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) resmi meluncurkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) pada Rabu (15/5) di ballroom Hotel Grand Padis Bondowoso. Acara ini dihadiri oleh Pj. Bupati Bondowoso Bambang Soekwanto, Direktur IT & Digital Bank Jatim Zulhelfi Abidin, dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jember Gunawan.

Peluncuran KKPD ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan akuntabilitas belanja daerah. Dalam sambutannya, Direktur IT & Digital Bank Jatim, Zulhelfi Abidin, menjelaskan bahwa KKPD memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah mempermudah pemerintah daerah dalam membelanjakan anggaran sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Pemkab Bondowoso Geser Kembali Sejumlah ASN dan Camat Setelah Mutasi Pejabat Eselon II

“Esensi dari KKPD ini adalah untuk membuat pengelolaan keuangan daerah menjadi lebih akuntabel, transparan, lebih cepat, dan mengurangi birokrasi yang panjang. Yang terpenting, potensi terjadinya fraud bisa diminimalisir,” papar Zulhelfi.

Zulhelfi juga menekankan bahwa dengan menggunakan KKPD, administrasi dapat dipersingkat karena proses pembayaran bisa dilakukan dengan mudah melalui gesekan kartu. Setiap detail pembelanjaan melalui KKPD dapat terekam dengan baik, sehingga meningkatkan akuntabilitas pemerintah daerah kepada masyarakat.

“Implementasi digitalisasi keuangan daerah telah menjadi urgensi di era sekarang. Dengan digitalisasi, tata kelola keuangan daerah bisa menjadi lebih efektif dan efisien, mendukung transparansi serta percepatan transaksi pemerintah daerah,” lanjut Zulhelfi.

Baca Juga: Pj Bupati Bondowoso: Sudah Saatnya Bondowoso Turut Berkontribusi Memajukan Bangsa Indonesia.

Penggunaan KKPD oleh pemerintah daerah telah diwajibkan oleh pemerintah pusat. KKPD ini dapat digunakan untuk melakukan pembayaran atas belanja yang dibebankan pada APBD, menunjukkan kesiapan Bank Jatim dalam mendukung program kerja pemerintah daerah. Zulhelfi berharap kerjasama ini dapat terus berlanjut dan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi Bondowoso dan Jawa Timur.

“Kami berharap semoga kerjasama ini dapat terus berlanjut ke depannya dan bisa membawa dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi Bondowoso dan Jawa Timur,” harapnya.

Pj. Bupati Bondowoso Bambang Soekwanto dalam sambutannya menyatakan bahwa penggunaan KKPD di Kabupaten Bondowoso akan terus didorong sehingga seluruh perangkat daerah dapat menggunakannya. Ia juga menekankan pentingnya pengawasan dalam penggunaan KKPD.

Baca Juga: Bank Jatim dan PT. BKMS Menandatangani MoU untuk Pengembangan Kawasan JIIPE

“Kami berharap dengan adanya KKPD ini dapat meningkatkan serapan anggaran di Kabupaten Bondowoso dengan mudah dan lancar. Yang terpenting, perangkat daerah yang menyelenggarakan KKPD harus mengawasi penggunaannya. Kami juga berharap penggunaan KKPD bisa melibatkan produk lokal terutama dalam pengadaan belanja barang dan jasa,” ujar Bambang Soekwanto.

Peluncuran KKPD ini diharapkan dapat membawa perubahan positif dalam tata kelola keuangan daerah, meningkatkan efektivitas belanja daerah, dan memberikan kontribusi nyata bagi pertumbuhan ekonomi di Bondowoso dan Jawa Timur.(AR)

Editor : Nasirudin