Kedutaan Besar Amerika Serikat Gelar Pelatihan dan Turnamen Esports untuk Universitas

Reporter : -
Kedutaan Besar Amerika Serikat Gelar Pelatihan dan Turnamen Esports untuk Universitas

Surabaya, Jatimupdate.id - Program Misi AS untuk Indonesia dan Amerika, bekerja sama dengan para pemimpin industri esports dari Amerika Serikat dan Indonesia, menyelenggarakan pelatihan dan turnamen esports selama dua hari di Jakarta pada tanggal 21-22 Mei 2024.

Kegiatan ini dirancang untuk memberikan pengetahuan mendalam mengenai aspek bisnis dan akademis dari esports kepada para peserta, yang kemudian dapat mengaplikasikan ilmu tersebut dalam turnamen esports nasional yang diikuti oleh tim dari berbagai penjuru negeri.

Joshua Shen, Pejabat Humas Konsulat Jenderal AS di Surabaya, menyatakan, "Esports memiliki potensi besar untuk menjadi bagian penting dari ekonomi kreatif, tidak hanya di Indonesia tetapi juga secara global. Kami sangat antusias untuk mempersiapkan universitas-universitas di Indonesia agar menjadi pelopor dalam bidang ini."

Shen menambahkan, "Melalui kolaborasi dengan para ahli industri dari Amerika, kami berharap untuk memperkuat kerja sama dalam sektor yang terus berkembang ini."

Program ini ini diselenggarakan bekerja sama dengan Network of Academic and Scholastic Esports Associations (NASEF), sebuah organisasi internasional terdepan dalam esports akademis dengan anggota ribuan klub di sekolah-sekolah dan organisasi anak muda di AS
Sementara program ini juga bermitra dengan Garudaku Esports Akademi dari Indonesia.

Kemitraan ini bertujuan untuk mengintegrasikan universitas-universitas Indonesia ke dalam jaringan liga esports profesional dan universitas yang sudah berkembang.

Selama pelatihan, peserta mendapat kesempatan untuk mendengar langsung dari veteran industri esports dari kedua negara tentang peluang akademis dan karir, serta mempelajari cara menyeimbangkan tanggung jawab sekolah dan sosial sebagai atlet esports. Peserta juga dilatih menggunakan peralatan siaran dan perangkat lunak terkini.

Di puncak acara, 32 tim esports dari seluruh Indonesia bertanding dalam game sepak bola populer "FC24" di konsol PlayStation 5. Acara dua hari ini menarik lebih dari 300 penonton secara langsung dan 2400 penonton secara online.

Peserta pelatihan dan turnamen esports ini juga melibatkan mahasiswa dan fakultas dari universitas di seluruh Indonesia yang memiliki program American Corners. American Corners menyediakan lingkungan yang ramah di mana pengunjung dapat terhubung dan belajar tentang Amerika Serikat.

Program-program ini mencakup diskusi tentang kebijakan AS, budaya, dan nilai-nilai; pembelajaran bahasa Inggris; dan informasi tentang studi serta pertukaran yang disponsori Departemen Luar Negeri AS.

Pelajari lebih lanjut tentang American Corners di Indonesia di: https://id.usembassy.gov/education-culture/american-corners-indonesia/

Editor : Yuris P Hidayat