Yuhronur Resmikan Fasilitas NICU di RSUD Ngimbang, Dukung Peningkatan Layanan Kesehatan

Reporter : -
Yuhronur Resmikan Fasilitas NICU di RSUD Ngimbang, Dukung Peningkatan Layanan Kesehatan
Peninjauan Neonatal Intensive Care Unit (NICU) RSUD Ngimbang di Lamongan. Sumber Foto: Diskominfo Lamongan

Lamongan, JatimUPdate.id,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan meresmikan fasilitas Neonatal Intensive Care Unit (NICU) di RSUD Ngimbang sebagai bagian dari upaya akselerasi pembangunan infrastruktur rumah sakit. Peresmian ini dilakukan oleh Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, di tengah rangkaian peringatan Hari Jadi Lamongan ke-455.

"Alhamdulillah di tengah rangkaian Hari Jadi Lamongan ke-455, saya bisa mengunjungi RSUD Ngimbang dan setiap datang ada sesuatu yang baru. Artinya kita terus berprogres untuk terus maju. Terima kasih, NICU diresmikan ini sebuah keharusan untuk meningkatkan layanan kesehatan," ujar Bupati Yuhronur Efendi, Rabu (29/5/2024).

Baca Juga: Rapat Paripurna DPRD Lamongan: Pandangan Umum Tujuh Fraksi atas Raperda Pertanggungjawaban APBD 2023

Hadirnya NICU di RSUD Ngimbang diharapkan dapat mempermudah akses masyarakat, khususnya ibu dan bayi, dalam mendapatkan penanganan intensif dan cepat. Fasilitas ini dilengkapi dengan ruang perinatologi, ruang ibu menyusui, ruang penyimpanan ASI, ruang perawat, dan ruangan lainnya, yang semuanya dirancang untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pasien.

"Nanti pelayanan infrastruktur yang dibangun pemerintah akan terus berkembang sebaik-baiknya. Di selatan sudah ada RSUD Ngimbang, RSUD Soegiri untuk wilayah tengah, wilayah barat ada RSUD Karangkembang, dan di utara sebentar lagi ada RSUD Ki Ageng Brondong," tambah Bupati yang akrab disapa Pak Yes.

Baca Juga: Pameran Pendidikan di Lamongan Wujudkan Kurikulum Merdeka Belajar

Sebagai bentuk ketanggapan dalam menjamin kesehatan masyarakat, Pemkab Lamongan juga terus mengembangkan program Laserku (Lamongan Sehat dan Sejahtera dengan Kunjungan Rumah). Program ini bertujuan menjangkau warga yang tidak dapat datang langsung ke rumah sakit, sehingga layanan kesehatan dapat lebih merata dan efektif.

"Semakin lama, layanan kesehatan semakin baik, dan tentu ini akan mengungkit usia harapan hidup. Di Lamongan, angka harapan hidup mencapai 74 tahun, ini capaian yang lebih tinggi. Sehingga mari kita terus kita tekatkan niat yang sama, satu visi," imbuh Pak Yes.

Baca Juga: Serahkan SK Perpanjangan, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi Ajak Kepala Desa Wujudkan Desa Mandiri

Selain NICU, RSUD Ngimbang juga tengah mempersiapkan pembangunan poli hemodialisis (HD) yang akan dilengkapi dengan empat tempat tidur hospital bed. "Hemodialisis kita canangkan tahun depan akan bisa running. Kami merencanakan ada empat tempat tidur, dan tadi Pak Bupati minta kalau bisa ada sepuluh, tapi untuk persyaratan awal kita ada empat dulu karena dokter kita juga masih dari RSUD Soegiri," ungkap Direktur RSUD Ngimbang, dr. Abdullah Wasi'an.

Dengan berbagai inisiatif ini, Pemkab Lamongan berharap dapat terus meningkatkan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat dan memastikan bahwa setiap warga mendapatkan akses pelayanan kesehatan yang memadai.(YH/ZB)

Editor : Yuris P Hidayat