13 Desa di Kabupaten Bojonegoro Mendapat Bantuan Keuangan Khusus dari Pemprov Jawa Timur

Reporter : -
13 Desa di Kabupaten Bojonegoro Mendapat Bantuan Keuangan Khusus dari Pemprov Jawa Timur
13 Kepala Desa penerima BKK dari pemprov

Bojonegoro, JatimUPdate.id,- Sebanyak 13 desa yang tersebar di 10 kecamatan di Kabupaten Bojonegoro mendapat program bantuan keuangan khusus dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Bantuan tersebut disalurkan melalui program Jatim Puspa, Pemberdayaan BUM Desa, dan Desa Berdaya. Dengan adanya bantuan ini, diharapkan dapat meningkatkan pendapatan, ketahanan sosial, dan ekonomi masyarakat setempat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Bojonegoro, Machmudin, menyatakan bahwa program bantuan ini sesuai dengan keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor 100.3.3.1/88/KPTS/013/2024 tentang Penetapan Pagu Definitif Bantuan Keuangan Khusus Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa kepada Pemerintah Kabupaten/Kota.

Baca Juga: Apresiasi Pj Gubernur Jatim Kepada Pemkab Bojonegoro pada Pembukaan Pekan Batik Daerah Budaya Bangsa

“Pemkab Bojonegoro mendapat alokasi bantuan keuangan khusus untuk desa-desa melalui program Jatim Puspa, Pemberdayaan Bum Desa, Desa Berdaya, serta BOP kabupaten sebesar Rp 1.306.250.000,” ucap Machmudin dalam acara di ruang Partnership Room Lt. 4 Gedung Pemkab Bojonegoro, Selasa (4/06/2024).

Baca Juga: Sujud Syukur Kepala desa Siser Laren Lamongan Terima SK Perpanjangan

Machmudin menjelaskan bahwa desa yang mendapat bantuan keuangan melalui program Jatim Puspa adalah Desa Jamberejo dan Desa Kendung di Kecamatan Kedungadem, Desa Siwalan di Kecamatan Sugihwaras, serta Desa Tlatah di Kecamatan Purwosari. Untuk bantuan Pemberdayaan BUM Desa diberikan kepada Desa Pacul dan Desa Kauman di Kecamatan Bojonegoro, Desa Sudah di Kecamatan Malo, Desa Margomulyo di Kecamatan Margomulyo, Desa Pungpungan di Kecamatan Kalitidu, dan Desa Bubulan di Kecamatan Bubulan.

“Bantuan bagi Desa Berdaya diberikan kepada Desa Rendeng di Kecamatan Malo, Desa Kedaton di Kecamatan Kapas, dan Desa Sumberagung di Kecamatan Ngraho,” jelasnya lebih lanjut.

Baca Juga: Achmad Faiz Afrizal dan Refa Reghina Fahira Juara I Putra dan Putri Duta GenRe Nganjuk 2024

Machmudin juga menuturkan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada para pelaku program Jatim Puspa, Pemberdayaan BUM Desa, dan Desa Berdaya di 13 desa yang tersebar di 10 kecamatan. Tujuannya adalah agar pelaksanaan program dapat berjalan sesuai dengan ketentuan dan berhasil mencapai tujuan yang diharapkan.(ZB)

Editor : Yuris P Hidayat