Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bondowoso Gelar Apel Kesiapan Pilkada 2024

Reporter : -
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bondowoso Gelar Apel Kesiapan Pilkada 2024
Nyara Areng Sareng ke Pong Lompong Pilkada Bondowoso 2024

Bondowoso, JatimUPdate.id,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bondowoso menggelar Apel Kesiapan pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bondowoso 2024 di Alun-alun RBA Ki Ronggo Bondowoso pada Selasa (11/06/2024).

Apel dengan tema "Nyara Areng Sareng ke Pong Lompong" ini diikuti oleh seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) beserta kesekretariatan se-Kabupaten Bondowoso. Acara ini juga dihadiri oleh Penjabat (Pj) Bupati Bondowoso, Bambang Soekwanto, bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bondowoso.

Baca Juga: DPP PKS Resmi Berikan Dukungan Untuk Khofifah-Emil di Pilkada Jatim 2024

Dalam kesempatan tersebut, Ketua KPU Bondowoso, Junaidi, SH, mengajak seluruh penyelenggara untuk mensukseskan pemilihan dengan menjalankan tugas, kewajiban, dan fungsi masing-masing. “Pemilu akan diselenggarakan pada 27 November 2024, perlu bersinergi dan berkolaborasi,” ujarnya. Junaidi menegaskan bahwa apel kesiapsiagaan ini merupakan langkah awal untuk bersinergi dan meningkatkan kolaborasi dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024.

Junaidi juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut serta mensukseskan Pilkada 2024. Menurutnya, kesuksesan ini tidak akan tercapai tanpa komunikasi yang baik dan saran yang membangun. “Mari kita menjalankan tugas dan fungsi masing-masing dengan baik. Kita juga patut bersyukur, bahwa seluruh pimpinan daerah begitu peduli dan perhatian dengan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024. Tentunya ini demi mewujudkan Pemilihan Kepala Daerah yang demokratis secara aman dan damai demi tegaknya kedaulatan rakyat, konstitusi serta persatuan dan kesatuan bangsa,” terang Junaidi.

Ia menambahkan bahwa tantangan Pilkada saat ini semakin banyak, termasuk menangani berita hoax. Junaidi mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk terus bekerja sama menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. “Semoga Apel ini menjadi salah satu langkah awal untuk mewujudkan Pemilihan Bupati Bondowoso 2024 lancar, aman, dan damai,” tutupnya.

Baca Juga: Hari Kesepuluh Coklit Pilkada 2024, 52 Persen Pemilih di Jatim Dipastikan Tercoklit 

Pj Bupati Bondowoso, Bambang Soekwanto, menyatakan bahwa Pilkada serentak adalah pesta demokrasi yang menjadi hajat masyarakat Bumi Ki Ronggo. “Sebagai pemerintah daerah, kita mempunyai tanggung jawab besar untuk memastikan bahwa proses demokrasi ini dapat berjalan dengan lancar, aman, dan sukses,” ungkapnya.

Bambang Soekwanto menegaskan komitmen Pemkab untuk mendukung penyelenggaraan Pilbup sesuai dengan regulasi yang berlaku. “Oleh karena itu, saya mengajak seluruh jajaran kesekretariatan PPK dan PPS untuk bersinergi agar Pilbup Bondowoso dapat berjalan dengan sukses, baik dari segi penyelenggaraan maupun administratif,” tuturnya.

Baca Juga: Nasdem Beri Rekom Fawait, Talak Tiga Hendy Siswanto 

Ia juga mengimbau agar PPK dan PPS tidak mudah terintimidasi ajakan negatif yang dapat mengganggu pelaksanaan Pilbup nanti. “Jangan takut diintimidasi, makanya tadi saya mengajak Forkopimda foto bersama sebagai bentuk kesiapan bahwa Forkopimda siap bersama penyelenggara mensukseskan Pilkada tanpa ada tekanan dari pihak manapun,” ujarnya.

Bambang berharap Pilkada di Bondowoso berjalan aman, damai, dan kondusif. Ia juga mengingatkan agar ASN wajib netral dalam pelaksanaan pemilihan. “Bismillah saja, aman, kondusif, dan tentram,” pungkasnya.(AR)

Editor : Nasirudin