Mengenal Genre musik Lofi dari Sosok Dimas Aryo Wibisono, Pegiat Musik Berdomisili di Malang

Reporter : -
Mengenal Genre musik Lofi dari Sosok Dimas Aryo Wibisono, Pegiat Musik Berdomisili di Malang
Genre musik Lofi (ist)

JatimUpdate.id - Kalau ada 7 genre musik yang terkenal dan akrab di telinga masyarakat indonesia maka kita mungkin sepakat bahwa genre musik itu meliputi Dangdut, Pop, Daerah, keroncong, religi, Jazz dan rock. ke 7 genre musik itu seperti sudah memilki pangsa pasarnya sendiri di hati dan telinga penikmat musik tanah air sehingga mampu tetap bertahan hingga saat ini.

Namun kita tahu bahwa genre musik bukanlah sesuatu yang statis melainkan dinamis. selain 7 genre musik tadi masih banyak genre musik yang lain seperti R&B, Country, Ska, Instrumental dan yang lain. dengan kata lain, genre musik dimungkinkan untuk berkembang, bertambah ataupun mungkin di tinggalkan.

Baca Juga: Ratna Koin Gelar Audisi Sahabat bintang Sesi 2 Surabaya

Kali ini reporter Jatimupdate.id bermaksud mengulas salah satu genre musik yang mungkin belum terlalu familiar di tengah masyarakat indonesia baik secara nama, lebih-lebih dari sisi karya musik yang diperdengarkan, akan tetapi patut untuk kita ikuti untuk memperkaya wawasan kita dalam bermusik, yaitu genre Musik Lofi.

Cerita berawal dari pengalaman reporter saat berselancar di salah satu Aplikasi penyedia jasa layanan musik digital (spotify) untuk mendengarkan musik dari android. tanpa sengaja reporter menemukan satu konten di aplikasi tersebut yang menggunakan nama akun Pateureun.

Penasaran dengan konten tersebut reporter mecari akun yang sama di Instagram. lalu kami mencoba berkomunikasi dengan sang kreator dengan menghubungi melalui direct message (selanjutnya disingkat DM)

Melalui DM itulah diketahui bahwa sang kreator bukanlah orang asing bagi reporter karena sang kreator yang bernama lengkap Dimas Aryo Wibisono ini adalah junior saya di SMU 1 Lubuklinggau dan junior saya di kampus Universitas Jember. Sehingga perbincangan mengalir begitu saja. dengan mengagenda waktu pertemuan langsung di Malang, domisili tetap Ryo (panggilan Akrab).

Saat bertemu langsung dengan Ryo, ternyata beliau saat ini bekerja di salah satu Bank swasta di Jakarta, dengan akses transportasi yang lancar dan banyak pilihan mode transportasi seperti saat ini, Ryo bercerita sering bolak-balik Malang-Jakarta, minimal sebulan sekali saat libur kerja.

Ryo, bisa ceritakan awal ketertarikan dengan genre Lofi?

"Tidak sengaja, selain karena sejak dulu suka bermusik, berawal dari kebutuhan relaksasi menghadapi tantangan pekerjaan jadi mendengarkan musik secara acak salah satunya Genre Lofi, enaknya di dengar saat kerja, belajar atau untuk penghantar tidur" disertai tawa oleh Ryo.

Baca Juga: Nikmati Sajian Musik Jazz, Lutfil Hakim Apresiasi Talenta Ahmad Dhani

Dari perkenalan hingga menjadi salah satu konten kreator musik Lofi, apa cerita yang menarik dari Genre Lofi ini?

"Kabar baiknya musik2 Lo Fi encouraging imperfections, Kayak bunyi-bunyi puteran kaset dan vinyl, suara hujan dll. Lo Fi harus didenger pake headset biar detailnya kerasa gurih" lanjutnya meyakinkan.

Siapa tokoh di genre Lofi yang menjadi inspirasi?

"Lofi Girl, subscribers nya sudah lebih dari 14 juta"

Bagaimanapun masa depan genre Lofi ini di dunia pada umumnya dan di Indonesia khususnya, bukankah sudah menjadi rahasia umum apabila sesuatu itu tanpa memiliki potensi ekonomi akan ditinggalkan?

Baca Juga: Mengenal Ratna Koin Sang Pencipta Lagu 'Aku Yang Dulu Bukan Yang Sekarang'

"Kalau melihat jumlah subscribers Lofi Girl tentu ini ada potensi ekonomi yang besar karena dengan jumlah subscribers sebesar itu cuan mengalir dengan sendirinya" terus "untuk didalam negeri sendiri memang masih tanda tanya, karena konten kreator genre musik Lofi masih sangat sedikit, belum ada komunitas-komunitas hangout dari para penggemar maupun kreator Lofi"

Lantas apa strategi Ryo kedepannya agar Lofi di Indonesia berkembang dan punya potensi ekonomi?

"yuhuu, soalnya mustahil jd hits maker, Jadi maenin kuantitas
Target 1k songs Klo udah, nanti bikin YT Live Streaming 24/7 lagu2 yg udah diproduksi "

Terima kasih Ryo atas waktunya semoga sukses dengan karya-karya Lofinya. di akhir, tidak lupa reporter memberikan bingkisan Cerutu terbaik dari Jember yang saya dapat dari seorang agen eksportir di Jember sebagai cinderamata, walaupun saya tahu Ryo bukanlah penikmat tembakau. (RR)

Editor : Anang AF