KKN Tematik Mahasiswa Universitas Brawaijaya Inisiasi Edu Wisata Garam di Pansela Kabupaten Malang

oleh : -
KKN Tematik Mahasiswa Universitas Brawaijaya Inisiasi Edu Wisata Garam di Pansela Kabupaten Malang
KKN Tematik Mahasiswa Universitas Brawaijaya Inisiasi Edu Wisata Garam di Pansela Kabupaten Malang

Malang (Jatimupdate.id) -KKN Tematik Mahasiswa Universitas Brawaijaya Inisiasi Edu Wisata Garam di Pansela Kabupaten Malang. Desa Gajahrejo, Kec. Gedangan, Kabupaten Malang telah kedatangan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik berkolaborasi dengan program Doktor Mengabdi (KKNT-DM) dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) di bawah koordinasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Brawijaya pada Kamis, 23 Juli 2022.

Para mahasiswa peserta KKN Tematik dan Doktor Mengabdi akan terus berusaha mendampingi usaha peningkatan kualitas garam dari berbagai desain rumah kristalisasi yang berbeda, mereka juga akan melakukan survei ceruk pasar pada daerah Malang Selatan khususnya Kecamatan Gedangan.

Andi Kurniawan Spi Dsc yang sebelumnya telah mendampingi Kelompok Usaha Garam (Kugar) Bajul Mati Sejahtera mengatakan bahwa teknologi rumah kristalisasi garam yang dipadukan dengan metode pencampuran air laut secara bertahap merupakan temuanya. Penerapan metode ini memungkinkan produksi garam dilakukan sepanjang tahun, termasuk dalam musim penghujan.

Diharapkan dari kegiatan KKN Tematik dan Doktor Mengabdi akan memberikana gambaran mengenai pasar berapa banyak kebutuhan konsumen beserta sebarannya yang bermanfaat untuk Kelompok Usaha Garam (Kugar) Bajul Mati Sejahtera.

Selain itu, diservikasi produk dari garam krosok (garam kasar) menjadi beberapa produk garam perikanan dan peternakan akan diinduksikan oleh mahasiswa/i peserta KKN Tematik dan Doktor Mengabdi .

Peserta kegiatan ini juga terus berdikusi dengan stake holder terkait untuk mengembangkan ide terkait inisiasi dan pengkreasian produksi garam sebagai pengembangan konsep Integrated Coastal Edutourism (ICE) yang memadukan produksi garam dalam pengembangan ekowisata dan edukasi di Pansela Kabupaten Malang. (yah)