Sejumlah DPAC Demokrat Mundur, Lucy: Lebih Mudah Percepat Pergantian

oleh : -
Sejumlah DPAC Demokrat Mundur, Lucy: Lebih Mudah Percepat Pergantian
Lucy Kurniasari

Jatimupdate.id - Mundurnya 12 DPAC Demokrat dari sejumlah kecamatan, direspon cepat Ketua DPC Demokrat Surabaya, Lucy Kurniasari

Lucy menjelaskan, sejak kesepakatan Muscab ke V, pihaknya sudah ancang-ancang melakukan pergantian beberapa DPAC. Sebab. Mereka telah melakukan pemilihan ganda, sehingga mereka dikenakan sanksi.

"Namun dengan mereka mengundurkan diri, maka pergantiannya menjadi lebih mudah dan dipercepat. Nama-nama penggantinya sudah ada dan akan segera disampaikan ke DPD Partai Demokrat Provinsi Jawa Timur," tegas Lucy

DPAC Demokrat dari sejumlah kecamatan yang mengundurkan diriDPAC Demokrat dari sejumlah kecamatan yang mengundurkan diri

Lucy menjelaskan, sesuai PO No. 02/DPP- PD/ V/ 2021. Pasal 6 Huruf J berbunyi
"Pemegang suara sah dalam muscab tidak diperbolehkan memberikan dukungan ganda kepada bakal calon ketua DPC Partai Demokrat, Apabila ditemukan dan terbukti setiap memberikan dukungan ganda kerena alasan tertentu, maka dapat diberikan sanksi organisasi"

Untuk diketahui, jabatan Ketua Dewan Pimpinan Anak Cabang (DPAC) sesuai ketentuan Partai Demokrat saat ini, memakai sistem penunjukan bukan pemilihan.

Dirinya menjelaskan hasil penunjukan itu baru nantinya akan disampaikan ke DPD Partai Demokrat Jawa Timur.

Lucy menyebutkan, ada 12 Ketua DPAC yang kemarin terbukti telah melakukan pilihan ganda, saat proses Muscab V Partai Demokrat.

"Oleh karena itu untuk memilih Ketua DPAC di masing--masing DPC adalah penunjukan oleh Ketua DPC setempat. Jadi bagi DPAC yang ada di Kota Surabaya kewenangan yang menunjuk adalah Ketua DPC Partai Demokrat Kota Surabaya," ujar Lucy Kurniasari selaku Ketua DPC Partai Demokrat Kota Surabaya.

Sebagai informasi, Lucy juga mengumumkan bahwa DPC Partai Demokrat Kota Surabaya membuka peluang kepada masyarakat umum untuk mengabdi kepada Partai Demokrat Kota Surabaya sebagai pengurus DPAC.

"Syaratnya Sarjana dan loyal kepada partai," tutup Lucy Kurniasari

Sebelumnya, Syamsudin Sekretaris BPOKK DPD Partai Demokrat Provinsi Jawa Timur menerima 10 orang yang mengaku dari DPAC Partai Demokrat. Mereka membawa berkas pengunduran diri dengan dalih tidak sejalan.

"Kami tidak bermaksud menggembosi kepemimpinan bu Lucy. Sejak beliau menjadi Plt. Ketua, kami merasa dianak tirikan," kata Santoso, Ketua DPAC kecamatan Wonocolo kepada wartawan.