Tim Ekspedisi 77 Berhasil Kibarkan Bendera Merah Putih di puncak Arjuno

oleh : -
Tim Ekspedisi 77 Berhasil Kibarkan Bendera Merah Putih di puncak Arjuno
Sebanyak 77 Bendera Merah Putih berhasil dikibarkan oleh Tim Ekspedisi 77 di Puncak Gunung Arjuno tepat di peringatan HUT ke 77 Kemerdekaan RI pada Rabu (17/8)

SURABAYA (Jatimupdate.id) -Sebanyak 77 Bendera Merah Putih berhasil dikibarkan oleh Tim Ekspedisi 77 di Puncak Gunung Arjuno tepat di peringatan HUT ke 77 Kemerdekaan RI pada Rabu (17/8).

Setelah menempuh dua hari perjalanan mendaki gunung dan melaksanakan misi peduli lingkungan, pengibaran bendera merah putih berlangsung khidmat di puncak Gunung Arjuno yang berada di 3.339 meter di atas permukaan laut.

Atas keberhasilan Tim Ekspedisi 77 mengibarkan bendera Merah Putih di Puncak Arjuno, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya.

Menurut Gubernur Khofifah, perjuangan Tim Ekspedisi 77 bukanlah hal yang mudah. Tapi, terjalnya gunung dan sulitnya medan mampu ditempuh dengan semangat cinta tanah air dan juga semangat peduli lingkungan.

Dan yang menambah kebanggaan, prosesi pengibaran bendera merah putih dilakukan di puncak Gunung Arjuno yang merupakan cagar biosfer Bromo Tengger Semeru Arjuno dan telah ditetapkan masuk sebagai Cagar Biosfer dunia oleh UNESCO pada tahun 2015.

"Saya selaku Gubernur Jawa Timur mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih , selamat dan sukses atas kerja keras Tim Ekspedisi 77 yang berhasil mengibarkan 77 Bendera Merah Putih di puncak gunung Arjuno. Hal ini memberi kebanggaan seluruh warga Jawa Timur," ucap Gubernur Khofifah di Grahadi, Kamis (18/8) pagi

Sebagai pecinta pendakian, Gubernur Khofifah memahami bahwa Ekspedisi ini tidak ringan. Medan pendakian Gunung Arjuno dari pos Sumber Brantas cukup berat karena faktor kemiringan yang cukup tajam.

Oleh sebab itu, gubernur perempuan pertama Jatim ini menyebutkan bahwa perjuangan Tim Ekspedisi 77 ini layak diacungi jempol dan diberi apresiasi.

"Terlebih ekspedisi ini sangat penting dan strategis dalam rangka membangun semangat kejuangan dan semangat pelestarian hutan. Serta semangat empati dan peduli akan kondisi kawasan Tahura R Soeryo khususnya jalur pendakian menuju Gunung Arjuno dari Sumber Brantas Kota Batu," tambahnya.

Sebagaimana diketahui Tim Ekspedisi 77 memulai perjalanannya pada tanggal 16 Agustus 2022. Perjalanan dimulai dengan menanam 77 pohon cemara gunung di Pos 1 Brakseng jalur pendakian Gunung Arjuno, pada ketinggian diatas 2000 mdpl.

Selesai penanaman 77 pohon cemara gunung, Tim Ekspedisi melanjutkan perjalanan menuju puncak dengan sebelumnya bermalam di lapangan kotak.

Baru pada tanggal 17 Agustus 2022 pukul 06.00 WIB tim melanjutkan pendakian menuju lapangan Pasar Dieng sebagai tempat melaksanakan upacara dalam rangka peringatan HUT RI dan pengibaran 77 bendera merah putih.

Tepat di peringatan detik detik prokolamasi Kemerdekaan RI yaitu pukul 10.00 WIB 17 Agustus 2022 Tim Ekspedisi melaksanakan Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77.

Rangkaian upacara dilakukan dengan pembacaan teks proklamasi yang dilanjutkan dengan pengibaran bendera merah putih serta menyanyikan lagu Indonesia Raya.

"Tentu kita bisa membayangkan bagaimana khidmat dan harunya melakukan upacara dan pengibaran bendera di ketinggian 3.339 mdpl. Semangat kejuangan menggelora di hati masing masing anggota Tim Ekspedisi, bahkan saya dengar tidak sedikit yang meneteskan air mata," tegas Khofifah.

Ia berharap apa yang dirasakan tim Ekspedisi 77 tersebut juga terdesiminasikan pada seluruh warga Jatim dan seluruh warga Bangsa. Bahwa betapa besar negara Indonesia, yang didalamnya ada Provinsi Besar Jawa Timur.

Yang kemudian nikmat kemerdekaan yang telah diraih juga diharapkan Gubernur Khofifah berseiring dengan semangat mengisi kemerdekaan dengan lebih maksimal dan memberi manfaat bagi sesama, bagi bangsa dan negara.

Tidak hanya mengibarkan 77 bendera merah putih di Puncak Arjuno. Namun Tim Ekspedisi 77 juga meletakkan Prasasti Nawa Bhakti Satya yang merupakan konstruksi bhakti pembangunan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur di Puncak Arjuno.

Seusai upacara dan menuruni gunung, Tim Ekspedisi 77 juga menjalankan misi selanjutnya yaitu melakukan kegiatan sapu bersih sampah berserakan alias Saber-Saber di sepanjang jalur pendakian hingga kembali sampai di pos Sumber Brantas Batu.

"Semoga Ekspedisi 77 Arjuno yang dilaksanakan dalam rangka HUT Proklamasi Kemerdekaan Ri ke 77 akan menginspirasi kita semua untuk selalu mengelorakan jiwa kejuangan, jiwa kegotongroyongan, semangat jiwa untuk selalu melestarikan hutan sebagai sumber kehidupan masa depan," pungkas Gubernur Khofifah.(red)