Catatan Mas AAS

Sisi Lain Kehidupan Di Kota Pahlawan

oleh : -
Sisi Lain Kehidupan Di Kota Pahlawan

OJO dibandingke tapi studi banding ae, luwih apik iku, akhire!

Tempat mangkal tunggu orderan paling enak bagiku saat ngojek adalah di depan pertigaan dekat rumah, juga dekat SMP 35. Kenapa begitu, pada jam pagi sekira pukul 07:00 WIB, pasukan oranye biasanya sudah kelar mengerjakan tugasnya. Jalan di sekitaran perumahan plus jalan utama sudah bersih tak ada sampah berserakan lagi.

Rekreasi paling menyenangkan memanglah bekerja. Aku sudah dapat dua orderan, dan si Bambang, sama si Panjul sudah duduk berkerumun sesamanya ngudud bareng lesehan beralas ibu bumi! "So sweet sekali, mas bro." Dan aku pun sudah pasti menjadi peserta berikutnya yang ikut merayakan momen pagi ini bersama mereka, para juru sapu pembersih andalan lingkungan alam sekitar, setidaknya lingkungan dimana aku tinggal!

Si Bambang sang pengawas lapangan, bertanya kepadaku," Rame mas Agus, ngojeknya," ujarnya saat menyapaku dengan hangatnya!

"Rame sekali orderane, tapi tidak nyantol diakun grab ku bro! Nyanthol'e ning akune bolo ku," kataku kepada si Bambang!

Dan gerrrrr. Si Bambang dan pasukan khususnya akhirnya tertawa ngekek bareng. Mereka senang, aku pun riang. Sisi lain kota metropolitan sedang pamerkan fenomena keseharian yang dialaminya terjadi di daerah Surabaya Timur, Rungkut!

"Sawang-sinawang yo mas Agus. Apanya," tanyaku kepada si Bambang sang mandor pasukan oranye!

Si Bambang melihat aku katanya enak. Jalan-jalan saja naik motor, dapat bayaran. Antar orang juga antar barang. Sedangkan aku balik dugaan dia," lha awakmu opo ora luwih penak, ngadeg, petentang-petenteng, ngawasi anak buahmu resik-resik dalan lan got!"

Dan kini yang tertawa tidak saja, aku dan si Bambang, tapi pasukannya juga ikut ngakak, tapi tidak berani tertawa lepas, hanya senyum di kulum saja. Berani tertawa sambil laka-laka, itu catatan langsung dibuat oleh si Bambang, buat bahan evaluasi kerja mingguan bahkan bulanan. Kondite dianggap kurang perform bayaran bisa berkurang, upps! Di alam fana kok senangnya membanding-bandingkan pencapaian, sudah fokus dan urus saja pekerjaan kita sendiri-sendiri! "Aku ngojek, awak mu dadi mandor, pasukan mu titik!"

"Kalau kamu terlalu rempong sama capaian orang lain. Kamu akan lupa untuk fokus di dalam bekerja. Mau jadi manager pasukan oranye tambah susah, apalagi jadi penggede satpol PP di Surabaya, berat kawan!"

"Ashiap, mas Agus. Sikap sempurna dilakukan oleh si Bambang, di depanku. Saat aku pamit, mergo nyanthol, aku entuk orderan!"