Dewan PSI Imbau Angkutan Pengumpan Suroboyo Bus Masuk Pemukiman

oleh : -
Dewan PSI Imbau Angkutan Pengumpan Suroboyo Bus Masuk Pemukiman
William Wirakusuma

Jatimupdate.id - Anggota Komisi C, William Wirakusuma, mengapresiasi langkah Pemkot Surabaya untuk meningkatkan pelayanan transportasi.

Menurutnya, Pemkot rencananya akan menyediakan  pelayanan angkutan pengumpan Suroboyo Bus, dengan 36 unit angkutan.

"Ini merupakan solusi dari problem kesulitan warga menjangkau rute Suroboyo Bus, meskipun jumlah penumpang Suroboyo Bus cenderung meningkat dan lebih besar dibanding sebelum pandemi Covid-19." kata William melalui keterangannya.

Ia memaparkan, data terkahir yang diterima pihkanya, jumlah penumpang Suroboyo Bus meningkat hingga 120.000 tiap bulan.

"Namun hal ini tidak diiringi dengan peningkatan jumlah pengguna angkutan umum lainnya di Surabaya." ungkap William anggota Fraksi PSI.

William kemudian mengusulkan, agar angkutan pengumpan ini harus beroperasi dari perkampungan/pemukiman ke jalur utama Suroboyo Bus.

Dia juga menyampaikan, agar angkutan pengumpan diutamakan beroperasi di wilayah yang belum terjangkau angkutan umum baik Suroboyo Bus. Maupun angkutan umum lainnya untuk kemudian tersambung dengan jalur Suroboyo Bus.

William berharap dengan tersedianya angkutan pengumpan, warga Surabaya memiliki berbagai alternatif untuk mengakses Suroboyo Bus, dan jumlah pengguna angkutan umum di Surabaya bisa meningkat.

"Angkutan feeder ini adalah sarana angkutan warga dari tempat tinggalnya ke Jalur Suroboyo bus. Sebisa mungkin tidak melewati jalur yang sudah terisi angkutan lainnya." katanya.

"Saya juga berharap tahun ini selesai 1 (satu) koridor terlebih dahulu yaitu, Purabaya-Rajawali beserta jaringan pengumpan ke perkampungan yang menempel di koridor. Bikin satu contoh koridor beserta pengumpannya yg rigid, kemudian tahun depan tinggal di copy paste di koridor lainnya," lanjut William.