KPU Jatim Kenalkan Pemilu 2024 pada Siswa-Siswi SMP Islam As-Sakinah

oleh : -
KPU Jatim Kenalkan Pemilu 2024 pada Siswa-Siswi SMP Islam As-Sakinah
Komisioner KPU Jatim Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat (Sosdiklih dan Parmas) Gogot Cahyo Baskoro memaparkan materi, bernyanyi bersama, dan permainan logika kepada Siswa-siswi SMP Islam As-Sakinah.Rabu (7/9/2022)

Surabaya (Jatimupdate.id) - Sebanyak 50 siswa dan guru SMP Islam As-Sakinah Sidoarjo melakukan kunjungan ke KPU Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim), Jalan Raya Tenggilis Nomor 1-3, Surabaya. Rabu (7/9/2022)

Para siswa-siswi kelas 8 SMP As-Sakinah terbagi menjadi dua tim yang secara bergantian mengunjungi Rumah Pintar Pemilu (RPP) dan Office Tour. Kunjungan selanjutnya adalah pemaparan sosialisasi dan pendidikan pemilih di Aula Lantai 2 KPU Jatim.

Ketua KPU Jatim, Choirul Anam dalam sambutannya mengatakan bahwa Lembaga KPU telah diatur dalam Undang-Undang Dasar Republik Indonesia (UUD RI) Pasal 22 E Tahun 1945. “Tugas KPU adalah melaksanakan (Pemilihan Umum) Pemilu maupun (Pemilihan Kepala Daerah) Pilkada, karena itu semoga Indonesia memberi ruang untuk adik-adik di sini bisa menjadi bagian dari pemimpin bangsa di masa yang akan datang”, jelas Anam.

Keseruan acara berlangsung saat Komisioner KPU Jatim Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat (Sosdiklih dan Parmas) Gogot Cahyo Baskoro memaparkan materi, bernyanyi bersama, dan permainan logika.

Ia memaparkan materi seputar demokrasi, pemilu dan partisipasi pemilih. Gogot juga menjelaskan tiga unsur Pemilu yaitu penyelenggara (KPU), peserta, dan pemilih.

Dalam rangakaian kegiatan di RPP sebelumnya, mereka diberikan materi dasar tentang KPU. Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Parmas Prahasthiwi Kurnia Sitorosmi meminta mereka agar terus belajar dan menggapai cita-cita. “Saya juga berharap adik-adik turut berpartisipasi dalam kegiatan Pemilu di usia 17 tahun nanti”, tutur Thiwi.

Dilanjutkan dengan melakukan Office Tour, yakni pengenalan situasi lingkungan kerja KPU Jatim yang dipandu staf KPU Jatim Anny Farihatun Nisa. Salah satunya mengunjungi ruangan kerja ketua KPU Jatim Choirul Anam dan Sekretaris Nanik Karsini.

Kegiatan ini bertujuan untuk projek penguatan profil belajar Pancasila dengan tema suara demokrasi. “Sekolah ingin mengenalkan suara demokrasi secara langsung melalui KPU Jatim. Harapannya siswa-siswi memiliki wawasan seputar demokrasi tidak hanya di sekolah saja, namun di luar juga”, tutur Ustadzah SMP Islam As-Sakinah, Anis.

Salah satu siswi SMP Islam As-Sakinah turut mengungkapkan suka citanya setelah mengikuti rangkaian acara ini. “Selama di sini kami disambut dengan baik, ramah, tempatnya nyaman, dapat ilmu dan pengalaman, akhirnya juga termotivasi untuk mengikuti coblosan”, kata Isma.

Turut hadir dalam acara ini Anggota KPU Jatim yakni Divisi Perencanaan dan Logistik Miftahur Rozaq, Divisi Data dan Informasi Nurul Amalia, Sekretaris Nanik Karsini, serta Kepala Bagian (Kabag) Teknis dan Parmas Popong Anjarseno. Acara berjalan dengan menyenangkan dan antusias dari pukul 09.00-12.00 WIB di Aula Lantai 2 KPU Jatim. (yah)

Kunjungan SMP Islam As-Sakinah, KPU Jatim Kenalkan Pemilu 2024 pada Siswa-SiswiKunjungan SMP Islam As-Sakinah, KPU Jatim Kenalkan Pemilu 2024 pada Siswa-Siswi