Belum Maksimal, Dewan Desak 3 Sektor Pajak Diperhatikan

oleh : -
Belum Maksimal, Dewan Desak 3 Sektor Pajak Diperhatikan
Jhon Thamrun/Foto:Roy

Jatimupdate.id - John Thamrun, Anggota Komisi B DPRD Kota Surabaya menekankan, realisasi pajak hiburan, restoran dan hotel perlu diperhatikan atau maksimalkan. Begitu juga dengan ketepatan laporan pajak tersebut, Thamrun mendesak laporan perlu diamati. Tidak hanya tergantung kepada alat yang dipasang Bapenda.

"Perlu adanya penempatan pengawasan langsung di lapangan, dengan mengirimkan tim pengawas yang akanĀ  datang ke lokasi itu secara mendadak (sidak)." paparnya, usai hearing dengan Bapenda.

Sebab, untuk mengkonter apakah alat itu dipakai secara benar atau tidak. Bila ternyata banyak tidak dipakai. Menurutnya, akan timbul potensi berkurangnya pendapatan Pemerintah Kota Surabaya.

"Untuk mencegah itu, salah satunya lakukan sidak pengawasan langsung dengan mengirim personal-personalĀ  mengawasi penggunaan alat-alat tersebut." urainya.

Karenanya, ia mendorong pajak hiburan hotel, restoran, parkir terutama partai-parkir yang dikelola Dinas Perhubungan di badan jalan perlu dimaksinalkan lagi.

"Ini masih bisa dimaksimalkan," tegasnya.

Dalam hal ini, Dishub didorong kerjasama dengan OPD, agar mendongkrak pendapatan yang sudah dilaporkan. Sebab, potensi untuk mengejar kekurangan masih bisa 3 bulan ke depan. "Realisasi pajak secara presentasi antara 45-50% dari dari yang ditarget." demikian tutur Thamrun. (Roy)