Membanggakan, Pelajar MAN Lumajang Menjuarai Putri Pendidikan Indonesia 2022

oleh : -
Membanggakan, Pelajar MAN Lumajang Menjuarai Putri Pendidikan Indonesia 2022
Alini Ghoni Ramadhani Putri, siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Lumajang Jawa Timur menjuarai Puteri Pendidikan Indonesia 2022.

Lumajang (Jatimupdate.id) – Seorang Pelajar asal Lumajang berhasil menjuarai ajang Putra Putri Pendidikan 2022.  Adalah Alini Ghoni Ramadhani Putri, siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Lumajang Jawa Timur menjuarai Puteri Pendidikan Indonesia 2022.

Alini berhasil menjuarainya setelah melewati dari beberapa tingkatan. Yaitu seleksi di tingkat kabupaten, kemudian provinsi, dan tingkat nasional, seperti dilansir dalam laman kementrian agama.

Alini menuturkan Seleksi Putera Puteri Pendidikan 2022 ini melalui tiga tahap ujian. Tahap pertama berupa ujian tes tulis seputar pendidikan. Tahap kedua berupa wawancana (interview) dengan menggunakan bahasa Inggris, personal branding, dan keorganisasian. “Sedangkan tahap III, yakni semifinal, ujiannya berupa Focused Group Discussion (FGD), catwalk dan speech (pidato),” jelasmya. 

Lebih lanjut Dara kelahiran 2005 ini menjelaskan ujian tulisnya menggunakan google form dan pertanyaannya seputar Merdeka Belajar, Hari Pendidikan Nasional, dan lain-lain. Sedangkan dalam wawancara, pertanyaannya meliputi personality, “seperti jika kamu gagal di tahap ini apa yang akan kamu lakukan? Dan jika kamu lolos di tahap selanjutnya, apa yang akan kamu lakukan? dan sebagainya,” terangnya.

Grand Final Putra-Putri Pendidikan Remaja Indonesia 2022 digelar di Gedung Achmad Sanusi Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung pada Sabtu 10 September 2022. Dalam Grand Final ini, finalis mendapatkan kesempatan untuk menjawab pertanyaan dari juri dan dinilai oleh masyarakat melalui voting.  

“Pada saat Grand Final, saya mendapatkan pertanyaan terkait dengan personality. Dan Alhamdulillah saya meraih juara I (winner) untuk kategori Puteri Pendidikan Remaja Indonesia 2022,” ungkap putri pasangan Agus Salim dan Eni Mudayanah ini.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Ikatan Pemuda Prestasi Indonesia. Ada 300 peserta yang mendaftar di ajang ini. Mereka lalu disaring menjadi 170 peserta di tahap 2. Pada tahap semifinal, diambil 105 peserta dari semua kategori. Sementara pada Grand Final diambil 24 pasang peserta. 

Kepala MAN 1 Lumajang, Edi Nanang Sofyan Hadi merasa senang ada peserta didiknya bisa tembus mengikuti ajang-ajang prestasi tingkat nasional. Nanang juga mengucapkan terima kasih atas dukungan seluruh civitas madrasah yang telah memberikan dukungan dan voting kepada Alini.

Saat Alini kembali pulang ke Lumajang, Ia juga disambut oleh Kepala Kemenag Lumajang Muhammad Muslim. Pihaknya senang atas prestasi siswi MAN 1 dalam ajang bergengsi tersebut karena sebelumnya tidak pernah membayangkan anak didik di Lumajang meraih prestasi tersebut.

"Saya berharap Alini menjadi contoh bagi pelajar madrasah yang lain agar menggapai prestasi di tingkat nasional. Itu harus menjadi inspirasi agar ke depan madrasah bisa bersaing di tingkat nasional dan internasional," katanya. (RA)