Kota Probolinggo Sambut Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya

oleh : -
Kota Probolinggo Sambut Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya
Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya Optimis Jatim Bangkit sampai ke Kota Probolinggo, Sabtu (17/9) siang

Probolinggo (Jatimupdate.id)- Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya Optimis Jatim Bangkit sampai ke Kota Probolinggo, Sabtu (17/9) siang. Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin menerima Tim Kirab Pataka dalam upacara penyambutan di kantor pemerintah kota Probolinggo. Kirab Pataka ini digelar dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-77 Provinsi Jawa Timur tahun 2022.

Dalam prosesi penyambutannya, Wali Kota Habib Hadi menerima Pataka dari Tim Kirab Satpol PP Kabupaten Pasuruan dan secara estafet diserahkan ke Tim Kirab Satpol PP Kota Probolinggo selanjutnya dikawal menuju Kantor Bupati Probolinggo di Kraksaan.

Habib Hadi juga membacakan Ripta Prasasti. Yakni amanat singkat Gubernur Jawa Timur yang ditulis di daun lontar. Pesannya, mengajak seluruh kepala daerah menjaga sinergitas, kolaborasi dan kerja sama mewujudkan kesejahteraan masyarakat Jawa Timur.

Dalam sambutannya Habib Hadi menyampaikan harapan agar sinergi antar daerah tetap terjalin untuk Jatim Bangkit. "Tentunya harapan kita, Jatim Bangkit, terus bisa berkarya, sinergi dengan daerah membangun bersama untuk wilayah Jawa Timur," harapnya.

Sebelumnya, Kirab Pataka diberangkatkan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pada Jumat (16/9) pagi di Gedung Negara Grahadi. Selanjutnya, berurutan menuju ke Kantor Pemerintah Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Kota Probolinggo dan 33 Kabupaten/Kota lainnya. Rangkaian agenda kirab akan diselesaikan selama 26 hari, hingga Senin (11/10) dan kembali di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

Selain Pataka Jer Basuki Mawa Beya, juga diikutsertakan dalam kirab antara lain Bendera Merah Putih, Pataka Satpol PP (Praja Wibawa), Pataka Satuan Linmas, Pataka Satuan Damkar dan Penyelamatan (Yudha Brama Jaya) dan Bendera Logo Hari Jadi ke-77 Provinsi Jawa Timur.

Usai serah terima Pataka, ditampilkan pertunjukan dari anggota Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Pemadam Kebakaran. Yakni, atraksi yel-yel serta penyemprotan air dari 3 truk damkar secara bersamaan. Sebagai salah satu keunikan yang disajikan oleh Pemerintah Kota Probolinggo. (RA)