Antusias Masyarakat Sangat Tinggi Memanfaatkan Kebijakan Pembebasan Pajak Bermotor Mikrolet dan Ojol

oleh : -
Antusias Masyarakat Sangat Tinggi Memanfaatkan Kebijakan Pembebasan Pajak Bermotor Mikrolet dan Ojol
Gubernur Jatim Berikan pembebasan PKB 100% untuk kendaraan Agkutan Umum mikrolet dan ojek online

Surabaya (JatimUpdate.id) - Plt. Kepala BAPENDA Jatim Abimanyu Poncoatmodjo bersama Gubernur Khofifah, Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak, Sekdaprov Jatim Adhy Karyono, Wadirlantas Polda Jatim, Ka. Jasa Raharja Jatim, Perwakilan Bank Jatim, Plt. Kepala BAPENDA Jatim, dan Kadis Kop dan UMKM Jatim menghadiri peringatan HUT BapendaJatim ke 60 di Kantor Bapenda Jatim, Jl. Manyar Kertoarjo No. 1, Surabaya, Senin (3/10).

Dalam kegiatan tersebut Abimanyu menyampaikan, sejak pemberlakuan Kebijakan Bebas PKB 100% angkutan umum orang “Mikrolet dan Ojek Online” mulai tanggal 19 s.d 1 Oktober 2022 (12 hari), terdapat 3.482 unit Mikrolet dan Ojek Online yang memanfaatkan kebijakan ini. Sedangkan untuk Kebijakan Bebas BBN II dan Bebas Denda PKB/BBNKB, telah dimanfaatkan oleh 2.659.335 wajib pajak.

“Antusias masyarakat sangat tinggi dalam memanfaatkan momentum kebijakan pembebasan pajak daerah yang digulirkan Ibu Gubernur. Kebijakan ini diharapkan menjadi bagian ikhtiar Pemprov untuk mendorong terciptanya stabilitas dan pemulihan perekonomian sebagai dampak inflasi dan kenaikan BBM di Jatim,” harapnya.

Apresiasi Wajib Pajak Besar

Gubernur Khofifah yang mengadiri peringatan HUT Bapenda jatim ke-60 menyerahkan penghargaan kepada Tim Pembina Samsat Provinsi Jawa Timur atas inovasi layanan KB sebagai pendukung kebijakan Gubernur Jatim. Penghargaan diserahkan diantaranya kepada Dirlantas Polda Jatim, Plt. Bapenda Jatim, Kepala Jasa Raharja Cabang Jatim, Kasubdit Regident Ditlantas Polda Jatim dan Kasi STNK Ditlantas Polda Jatim.

Turut diserahkan pula Apresiasi Wajib Pajak Besar atas partisipasinya dalam meningkatkan Pendapatan Asli daerah (PAD) dari sektor pungutan Pajak Daerah kepada PT. Gudang Garam, PT. Auto Raya dan PT. Pertamina Patra Niaga.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Khofifah juga kembali mengundi pemenang tabungan umroh bagi wajib pajak patuh periode ketiga tahun 2022. Pada periode ini, sebanyak 16 wajib pajak patuh terpilih sebagai pemenang. Dengan demikian, telah genap 46 wajib pajak patuh tahun ini terpilih sebagai pemenang tabungan umroh.

Di akhir, Gubernur Khofifah bersama Wagub Emil Elestianto Dardah dan Sekdaprov Jatim Adhy Karyono juga berkesempatan menyaksikan parade inovasi Samsat Srikandi yang difokuskan untuk memberi layanan masyarakat rentan. Punggawa samsat Srikandi memiliki ciri-ciri perempuan dan menyisir bagian masyarakat yang memiliki kendala dalam pembayaran pajak. Inovasi ini pun telah masuk dalam kategori TOP 25 Kovablik KemenPANRB yang dinilai oleh masyarakat memiliki layanan yang memuaskan. (yah)