SURABAYA - Setelah menjalani jabatan  sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Surabaya selama 2 bulan menggatikan Tri Rismaharini sejak Desember 2020, Whisnu Sakti Buana (WS) resmi menjadi Walikota Surabaya secara definitif.

Dilantik langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi Jl Gubernur Suryo Kota Surabaya, pada Kamis (11/2/2021) siang, acara pelantikan berlangsung dengan cukup hikmat.

Dalam sambutannya Khofifah mengatakan, Amanah yang disandang Whisnu kali ini merupakan hal besar. Pasalnya selain menjadi nahkoda baru di Kepemimpinan Kepala Daerah, banyak sekali Pekerjaan Rumah (PR) yang diselesaikan Kota Surabaya terutama Pandemi Covid-19.

"Baru saja kita saksikan pengambilan sumpah jabatan sekaligus pelantikan Wakil walikota menjadi Walikota (Surabaya)," ujar Khofifah dalam sambutannya, Kamis (11/2/2021).

Tak lupa Khofifah juga mengucapkan selamat atas dilantiknya Whisnu "selamat melaksanakan tugas, disaat seperti sekarang de fakto sudah melakukan banyak hal, PPKM hingga PPKM mikro," katanya.

"Atas nama pemprov dan pribadi selamat semoga sisa masa jabatan produktifitas Pemkot terus dijaga dan ditingkatkan," sambungnya.

Untuk diketahui, masa jabatan Whisnu sebagai Wakil Walikota Surabaya akan selesai pada 17 Februari mendatang, yang berarti Whisnu akan menjadi Walikota definitif hanya dalam sepekan saja.

Pantauan dilokasi, upaya protokol kesehatan dilakukan dengan cukup ketat. Para tamu undangan maupun pers diwajibkan melakukan Rapid tes antigen sebelum memasuki Gedung Garahadi. 

Begitupun sebaliknya, bagi tamu yang tidak dapat menunjukkan terpaksa tidak diperkenankan untuk memasuki ruangan.

Reporter: M. Niam

Berita Terkait