Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Dan Peresmian Masjid Nurul Hakam di SMKN 1 Lamongan

oleh : -
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Dan Peresmian Masjid Nurul Hakam di SMKN 1 Lamongan
Gubernur Khofifah saat menghadiri maulid nabi sekaligus meresmikan Masjid Nurul Hakam di SMKN 1 Lamongan, Selasa (18/10).

Lamongan (JatimUpdate.id) - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berpesan kepada para guru dan siswa-siswi SMKN 1 Lamongan untuk terus membangun penguatan karakter dan akhlak mulia. Ini penting, sebagai benteng untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya tawuran, kekerasan serta  terjadinya bullying yang kerap dijumpai di kalangan pelajar.

"Kita bangun penguatan karakter dengan bersama-sama. Kita, bersama guru, maupun siswa, semua lingkungan pergaulan termasuk adalah pimpinan formal di tingkat Provinsi hingga Kabupaten. Jadi membangun karakter dan akhlak mulia merupakan pondasi kualitas sumber daya manusia,” tegas Gubernur Khofifah saat menghadiri maulid nabi sekaligus meresmikan Masjid Nurul Hakam di SMKN 1 Lamongan, Selasa (18/10).

"Apa anak-anak siap untuk tidak tawuran?, Tidak melakukan bullying ? Tidak  melakukan  kekerasan?” tanya Gubernur Khofifah yang dijawab siap dan penuh antusias oleh semua siswa-siswi yang hadir.

Khofifah sapaan lekat Gubernur Jatim menambahkan, bahwa momen bulan Rabiul Awal, momen Maulid Nabi, disebutnya juga sebagai momen yang tepat untuk saling melakukan Muhasabah dalam pembangunan karakter dan akhlak mulia.

Dengan ikhtiar bersama dari seluruh pihak, guru, siswa , orang tua hingga berbagai pimpinan lembaga pendidikan formal, maka pembangunan karakter yang baik  akan menjadi basic dan ruh dari seluruh kompetensi. Selain itu, juga sebagai ruh dari capaian akademik  yang bisa diraih  oleh setiap lpribadi maupun lembaga pendidikan di Jawa Timur.

"Jaga karaktermu nak. Di momen Maulid Nabi ini kita juga diingatkan untuk menjaga budi pekerti kita yang baik yang bisa menjadi ruh dari pola pikir, pola sikap dan pola gerakan kita semua," pesannya usai membaca sholawat Nabi Muhammad SAW bersama seluruh undangan yang hadir.

Gubernur Khofifah saat menghadiri maulid nabi sekaligus meresmikan Masjid Nurul Hakam di SMKN 1 Lamongan, Selasa (18/10).Gubernur Khofifah saat menghadiri maulid nabi sekaligus meresmikan Masjid Nurul Hakam di SMKN 1 Lamongan, Selasa (18/10). 

Lebih lanjut, Khofifah menguraikan bahwa Dinas Pendikan Jawa Timur, juga telah mengembangkan kerjasama dengan berbagai Perguruan Tinggi dan salah satunya fakultas vokasi  ITS. Untuk itu, dengan koneksitas ini maka diharapkan akan banyak lulusan SMK di Jatim yang bisa diterima di Perguruan tinggi.

"Dengan koneksitas yang dibangun oleh Dispendik Jatim dengan Perguruan Tinggi, maka akan memperluas peluang anak-anak lulusan SMK untuk bisa diterima di Perguruan Tinggi. Semoga anak-anak semua bisa memperoleh kesuksesan yang luar biasa," tandasnya.

Sementara itu, atas peresmian masjid Masjid Nurul Hakam Gubernur Khofifah berharap masjid ini akan menjadi kebanggan bagi keluarga besar SMKN 1 Lamongan ke depannya. Dimana, pembangunan masjid ini hanya membutuhkan waktu satu tahun lima bulan. 

 

Pada kesempatan yang sama, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menyampaikan terima kasih atas apresiasi yang diberikan Gubernur Khofifah. SMKN 1 Lamongan disebutnya sebagai salah satu SMK Unggulan di Kab. Lamongan, sehingga peresmian Masjid Nurul Hakam kali ini diharap bisa menjadi penyemangat bagi seluruh keluarga besar SMKN 1 Lamongan.

"Terima kasih kehadiran Ibu Gubernur di salah satu sekolah unggulan kami. Harapannya semoga sekolah ini bisa terus disupport untuk menjadi tempat belajar terbaik bagi siswa," ujarnya.

Sebagai informasi, SMKN 1 Lamongan merupakan salah satu SMK Pusat Keunggulan di Jatim. Selain itu, siswa SMKN 1 Lamongan juga merupakan juara umum pada Lomba Ketrampilan Siswa Nasional (LKSN) pada tahun 2021. Dan pada tahun 2022 ini siswa SMKN 1 Lamongan juga menjadi wakil nasional untuk ajang LKS tingkat ASEAN. (yah)

Gubernur Khofifah saat menghadiri maulid nabi sekaligus meresmikan Masjid Nurul Hakam di SMKN 1 Lamongan, Selasa (18/10).Gubernur Khofifah saat menghadiri maulid nabi sekaligus meresmikan Masjid Nurul Hakam di SMKN 1 Lamongan, Selasa (18/10).