U20 MAYORS RETREAT

Ridwan Kamil Jamu Para Delegasi Nikmati Udara Sejuk Bogor

oleh : -
Ridwan Kamil Jamu Para Delegasi Nikmati Udara Sejuk Bogor
Ridwan Kamil

Jatiupdate.id - Usai mengikuti U20 Mayors Summit di Jakarta, para wali kota anggota U20 disuguhi pengalaman menjalin keakraban ditemani udara sejuk Bogor dalam U20 Mayors Retreat, di Ciawi Kabupaten Bogor, Rabu (31/8/2022) malam.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil selaku Co-Chair U20 mengatakan, U20 Mayors Retreat merupakan momentum menjalin keintiman dan berbagi pengalaman para delegasi.

"U20 Mayors Retreat bertujuan memberikan kesempatan semua delegasi untuk menikmati berbagai pengalaman dan membangun keintiman setelah berdiskusi banyak di Jakarta terkait isu perkotaan," ujar Ridwan Kamil saat membuka Welcome Dinner U20 Mayors Retreat.

Para delegasi U20 terlihat juga menikmati suguhan seni budaya dan makanan khas Jawa Barat. Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil mengatakan, Indonesia pertama kalinya memegang Presidensi G20 yang menjadi kehormatan dan tanggung jawab secara global. Provinsi Jabar khususnya juga sangat bersyukur dipilih sebagai tuan rumah salah satu side event- nya yaitu U20 bersama DKI Jakarta.

"Jabar sangat bersyukur dan bangga dipilih sebagai Co-Chair untuk Urban 20 bersama DKI Jakarta," ucapnya.

Dalam U20 Mayors Retreat di hadapan para delegasi, Kang Emil menceritakan bahwa Jabar adalah provinsi dengan jumlah penduduk terbesar di Indonesia yakni hampir 50 juta jiwa. Dengan visi juara lahir batin melalui inovasi dan kolaborasi, Jabar akan selalu berkomitmen mendukung setiap inisiatif global khususnya isu perkotaan.

"Jabar akan selalu berusaha menghasilkan inisiatif untuk menyuarakan pembangunan berkelanjutan tidak hanya di tingkat regional atau nasional tapi juga ditingkat global," tutur Kang Emil.

Kepala Biro Pemerintah dan Otonomi Daerah Setda  Pemda Provinsi Jabar Dodit Ardian Pancapana mengatakan, delegasi dari 38 kota anggota U20 akan menjalin potensi kemitraan lanjutan antar- stakeholders isu-isu perkotaan di Mayors Retreat ini.

"Para delegasi mendapat pengalaman di luar persidangan serta menjalin keakraban dan potensi kemitraan lanjutan antar- stakeholders isu-isu perkotaan," ujar Dodit.

Para delegasi juga akan mengunjungi Bogor Creative Center pada Kamis (1/9/2022) sebagai ruang publik untuk berekspresi dan berkarya bagi masyarakat.

"Sesuai dengan salah satu isu yang dibahas yaitu transformasi perkotaan yang terus tumbuh dengan menyajikan ruang publik untuk berekspresi, dan berkarya menjadi nilai ekonomi kreatif, mereka akan kami ajak mengunjungi Bogor Creative Center," ucapnya. 

"Para delegasi juga akan menyusuri Kebun Raya Bogor yang merupakan perwujudan konservasi alam yang berdampingan dengan pembangunan sebuah kota," jelas Dodit. 

 

Terakhir, Dodit merasa bahagia bahwa Jawa Barat yang menjadi tuan rumah Mayors Retreat U20. Ia berharap kegiatan ini dapat menghasilkan ide terbaik untuk kemajuan kota-kota dunia, termasuk upaya penanganan perubahan iklim dan pembangunan berkelanjutan," tuturnya. 

Adapun tiga isu yang mengemuka pada U20 Mayor Summit antara lain kerja sama di bidang investasi kesehatan dan perumahan rakyat, mendorong transisi energi berkelanjutan, serta edukasi dan pelatihan tentang masa depan pekerjaan yang merata untuk semua.