Ridwan Kamil Raih Penghargaan Kepala Daerah Inovatif

oleh : -
Ridwan Kamil Raih Penghargaan Kepala Daerah Inovatif
Ridwan Kamil raih penghargaan kepadal daerah inovatif

Jatimupdate.id -Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meraih penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2022 yang diselenggarakan oleh MNC Portal Indonesia di Kuil Sam Po Kong, Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (22/9/2022) malam.

 

Ridwan Kamil menerima penghargaan kategori Pelayanan Publik terkait transformasi digital yang dilakukan di sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui inovasi Program Pendanaan Online (Panon) Jabar.

 

Penganugerahan Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2022 yang mengambil tema Inovasi untuk Akselerasi Kemajuan Daerah Menyongsong Era Society 5.0 ini dilakukan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar.

 

Penganugerahan penghargaan bagi sejumlah Gubernur, Wali Kota, dan Bupati dalam ajang ini juga dilakukan oleh Komisaris Utama MNC Asia Holding Tbk Agung Firman Sampurna.

 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jabar Ika Mardiah mengucapkan terima kasih atas penganugerahan penghargaan ini, yang akan memacu semangat bagi Pemda Provinsi Jabar ntuk terus berinovasi meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

 

"Kami mengucapkan terima kasih atas penghargaan dalam momen yang luar biasa ini, selain merupakan kebanggaan juga bisa saling menginspirasi antar daerah untuk mencapai sebuah kemajuan dan meningkatkan ekonomi masyarakat," kata Ika Mardiah.

 

"Capaian ini juga akan terus memompa semangat kami melakukan inovasi berbasis digital untuk merespons salah satu tantangan disrupsi global," imbuhnya.

 

Panon Jabar digulirkan pada Januari 2022 bertujuan untuk mewujudkan ekosistem digital dan membuka peluang bagi UMKM, maupun koperasi mengikuti pengadaan barang dan jasa di lingkup Pemda Provinsi Jabar.

 

Dalam program ini Pemda Provinsi Jabar berkolaborasi dengan Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) dan lembaga lain seperti Bank BJB, Investree, Koinworks, maupun lembaga fintech lending lainnya yang tergabung dalam AFPI. 

 

Sejumlah manfaat bisa diperoleh dalam Program Panon Jabar,  diantaranya kemudahan bagi penyedia untuk mengajukan pendanaan, dan proses dilakukan secara online. 

 

Selain itu meningkatkan pula kualitas hasil pengadaan barang dan jasa ( value for money ), memberikan akses pendanaan modal kerja kepada UMKM dan koperasi dengan proses yang lebih cepat, efisien, serta serba digital dengan syarat yang lebih mudah.

 

 

Dalam sambutannya, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar mengucapkan selamat kepada kepala daerah yang menerima penghargaan KDI.

 

"Selamat kepada kepala daerah yang menerima penghargaan. Situasinya ini sangat berbeda. Dalam keadaan yang tidak normal saja (kepala daerah) bisa melakukan inovasi yang luar biasa. Apalagi kalau pandemi (COVID-19) sudah selesai, situasi normal kembali, diharapkan inovasi tentu makin luar biasa lagi," kata Abdul Halim.

 

Penganugerahan KDI yang digelar oleh MNC Portal Indonesia (MPI) diberikan sebagai bentuk apresiasi atas keberhasilan, inovasi, dan prestasi kepala daerah dalam memajukan daerah yang dipimpinnya.

 

Adapun kategori yang diapresiasi meliputi bidang ekonomi, kesehatan, pendidikan, pelayanan publik, dan pariwisata.

 

Sebelumnya, MPI juga menganugerahkan Digital Innovation Award 2022 pada Maret 2022. Pada kesempatan tersebut Pemda Provinsi Jabar juga menerima penghargaan untuk kategori Digital Innovation For Disaster Risk Reduction melalui inovasi Aplikasi Pikobar (Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Jabar). (*)