Bangun 2ribu Jamban, Komisi C: Anggarannya Rp5 juta per Rumah

oleh : -
Bangun 2ribu Jamban, Komisi C: Anggarannya Rp5 juta per Rumah
Baktiono/Foto:Roy

Jatimupdate.id - Untuk program jamban di kota Pahlawan, dimulai sejak awal pemerintahan Walikota Bambang DH, kemudian dilanjutkan Tri Rismaharini sampai Eri Cahyadi. Begitu, urai Ketua Komisi C DPRD Kota Surabaya, Baktiono, menyikapi program jamban di Kota Surabaya.

"Cuma volumenya di era Eri Cahyadi jauh lebih fantastis," beber Baktiono.

Saat ini, jamban ditingkatkan sebanyak 2.000, diberikan kepada warga yang tidak mampu dan benar-benar tidak punya. Maka, Baktiono berharap, jangan sampai ada warga membangun jamban sendiri. "Karena sudah ada sosialisasi," tegas legislator senior PDIP ini.

Jamban, tambah dia, akan dibangun untuk seluruh warga, di tempat-tempat yang sempit. Sedangkan jamban komunal akan dikurangi. Untuk anggarannya, menurut Baktiono sebesar Rp5 juta per rumah. "Kita sediakan untuk warga Kota Surabaya, mereka harus punya (jamban)," ujarnya.

Kendati begitu, adakalanya warga menolak untuk dibangunkan jamban. Misalnya rumahnya yang berukuran sempit, 3x4 atau 3x3. Namun, sambung Baktiono, mereka diberi pengertian. Semua bisa diatur, tidak akan mengganggu dapur, ruang tidur dan tamu.

"Itu juga sudah kita siapkan semua," demikian Baktiono menjabarkan. (roy)